KORELASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN INTERAKSI BELAJAR DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA DARUL ULUM PONTIANAK

Moad Moad, Yeni Ristianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi yang jelas dan akurat mengenai korelasi pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan interaksi belajar di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Darul Ulum Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data angket dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpulan data dokumen-dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS Darul Ulum Pontianak yang berjumlah 75 orang dan seluruh anggota populasi menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan rumus perhitungan persentase dan rumus perhitungan koefisien korelasi product moment.


Keywords


Strategi Pembelajaran Konstruktivistik, Interaksi Belajar.

Full Text:

Full text

References


Anggoro, Toha, M dan Andriani Durri (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djamarah, Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Jonassen (1991). Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Nawawi, Hadari (2003), Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nur, M (2002). Teori Pembelajaran Sosial dan Teori Pembelajaran Perilaku. Surabaya: IKIP Surabaya.

Oeser, O, Oscar (1996). Learning and Human Abilities, Educational Psychology: Fourth Edition. New York: Harper & New Publishers.

Prasetyo, Bambang dan Jannah, Miftahul, Lina (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Ridwan dan Akdon (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah, N.K (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohani, Ahmad dan Ahmadi, Abu (1992). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

---------------------------- (2001). Teknik Belajar yang Tepat. Bandung : PT. Remadja Rosdakarya.

Sardiman, A.M (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shafaat, Idri (2009). Optimized Learning Strategy. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Suardi, Edi (2000). Paedagogik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subana, M dan Sudrajat (2002). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Jakarta: Pustaka Setia.

Sudijono, Anas (2009). Statistik untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, Nana (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surachmad, Winarno (2000), Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar: Metode dan Teknik, Bandung: Tarsito.

Tim Penyusun (2015). Pedoman Akademik dan Kemahasiswaan: Pedoman Penulisan Skripsi dan Makalah. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Trianto (2007). Model-model Pembelajaran Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Winataputra, S. Udin (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wirartha, I Made (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.

Zuldafrial (2010). Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan kewarganegaraan

IKIP PGRI Pontianak, Prodi PPKn
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats