PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 KETAPANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1101Keywords:
strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir, hasil belajar.Abstract
Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui cara dan proses dalam peningkatan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) di kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang. Peningkatan hasil belajar setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang setelah guru PKn menerapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB). Subyek penelitian 35 orang siswa dan 1 orang guru PKn. Prosedur penelitian menggunakan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, teknik pengukuran dan studi documenter. Hasil penelitian menunjukanbahwa secara umum penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir di kelas VII dilakukan dengna baik. Secara khusus: bahwa perencanaan dilakukan terlebih dahuu oleh guru PKn dan mengacu kepada kurikulum K13, pelaksanaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir di lakukan dalam 2 siklus dan pelaksanan berjalan dengan baik dan lancar, hasil belajar siswa di kelas VII sebelum menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir hanya mencapai 25,71% dengan nilai rata-rata 63, setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir pada (siklus 1) 62,86% dengan nilai rata-rata 73, dilanjutkan pada (siklus II) hasil belajar mengalami peningkatan yaitu 82,86% dengan nilai rata-rata 80.
Downloads
References
Darmadi, Hamid (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
(2013). Urgensi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.
(2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
Ekawarna (20011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Hadi. A (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sudjana, N (2009). Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar . Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: alfabeta.
Suharsimi, A. (2010) Prosedur penelitian satuan pendekatan praktik. Jakarta; PT. Rineka Cipta.
Sanjaya. W (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Undang – Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syarif Firmansyah, Minarni Minarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.