PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 KETAPANG

Syarif Firmansyah, Minarni Minarni

Abstract


Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui cara dan proses dalam peningkatan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) di kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang. Peningkatan hasil belajar setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang setelah guru PKn menerapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB). Subyek penelitian 35 orang siswa dan 1 orang guru PKn. Prosedur penelitian menggunakan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, teknik pengukuran dan studi documenter. Hasil penelitian menunjukanbahwa secara umum penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir di kelas VII dilakukan dengna baik. Secara khusus: bahwa perencanaan dilakukan terlebih dahuu oleh guru PKn dan mengacu kepada kurikulum K13, pelaksanaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir di lakukan dalam 2 siklus dan pelaksanan berjalan dengan baik dan lancar, hasil belajar siswa di kelas VII sebelum menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir hanya mencapai 25,71% dengan nilai rata-rata 63, setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir pada (siklus 1) 62,86% dengan nilai rata-rata 73, dilanjutkan pada (siklus II) hasil belajar mengalami peningkatan yaitu 82,86% dengan nilai rata-rata 80.


Keywords


strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir, hasil belajar.

Full Text:

Full text

References


Darmadi, Hamid (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

(2013). Urgensi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

(2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.

Ekawarna (20011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Hadi. A (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, N (2009). Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar . Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: alfabeta.

Suharsimi, A. (2010) Prosedur penelitian satuan pendekatan praktik. Jakarta; PT. Rineka Cipta.

Sanjaya. W (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Undang – Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 IKIP PGRI PONTIANAK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats