PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 KETAPANG

Authors

  • Syarif Firmansyah IKIP PGRI Pontianak
  • Minarni Minarni PRODI PPKN IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1101

Keywords:

strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir, hasil belajar.

Abstract

Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui cara dan proses dalam peningkatan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) di kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang. Peningkatan hasil belajar setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang setelah guru PKn menerapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB). Subyek penelitian 35 orang siswa dan 1 orang guru PKn. Prosedur penelitian menggunakan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, teknik pengukuran dan studi documenter. Hasil penelitian menunjukanbahwa secara umum penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir di kelas VII dilakukan dengna baik. Secara khusus: bahwa perencanaan dilakukan terlebih dahuu oleh guru PKn dan mengacu kepada kurikulum K13, pelaksanaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir di lakukan dalam 2 siklus dan pelaksanan berjalan dengan baik dan lancar, hasil belajar siswa di kelas VII sebelum menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir hanya mencapai 25,71% dengan nilai rata-rata 63, setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir pada (siklus 1) 62,86% dengan nilai rata-rata 73, dilanjutkan pada (siklus II) hasil belajar mengalami peningkatan yaitu 82,86% dengan nilai rata-rata 80.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syarif Firmansyah, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Minarni Minarni, PRODI PPKN IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Darmadi, Hamid (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

(2013). Urgensi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

(2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.

Ekawarna (20011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Hadi. A (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, N (2009). Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar . Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: alfabeta.

Suharsimi, A. (2010) Prosedur penelitian satuan pendekatan praktik. Jakarta; PT. Rineka Cipta.

Sanjaya. W (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Undang – Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2019-06-17

How to Cite

Firmansyah, S., & Minarni, M. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 KETAPANG. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 93–100. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1101

Issue

Section

Artikel Penelitian