PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NANGA PINOH

Authors

  • Eka Pitriana Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.605

Keywords:

Course review horay, hasil belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 54,03% dengan persentase ketuntasan sebesar 29,03% sedangkan KKM yang ditentukan yaitu sebesar 72. Untuk mengatasi hal tersebut penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Observasi Langsung, Pengukuran, dan Studi Dokumenter dengan alat pengumpulan data berupa Pedoman Observasi, Tes Hasil Belajar, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis Kualitatif dan analisis Kuantitatif. Setelah dianalisis penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata Siklus I adalah 61,61% dengan persentase ketuntasan sebesar 51,61%. Dan siklus II nilai rata-rata adalah 82,63% meningkat sebesar 21,02% dengan persentase ketuntasan adalah 83,87 atau meningkat sebesar 32,26%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angela, V. (2016). Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. ddk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Darmadi, H. (2014). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikna

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kunandar. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Liyung, R. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kristen Abdi Wacana Kota Pontianak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Permendikbud No. 22 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Uno, B, H. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wahab, A, A. (2001). Evaluasi Pembelajaran IPS (modul UT). Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2017-12-16

How to Cite

Pitriana, E. (2017). PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NANGA PINOH. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.605

Issue

Section

Artikel Penelitian