PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NANGA PINOH
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.605Keywords:
Course review horay, hasil belajar, PPKnAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 54,03% dengan persentase ketuntasan sebesar 29,03% sedangkan KKM yang ditentukan yaitu sebesar 72. Untuk mengatasi hal tersebut penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Observasi Langsung, Pengukuran, dan Studi Dokumenter dengan alat pengumpulan data berupa Pedoman Observasi, Tes Hasil Belajar, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis Kualitatif dan analisis Kuantitatif. Setelah dianalisis penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata Siklus I adalah 61,61% dengan persentase ketuntasan sebesar 51,61%. Dan siklus II nilai rata-rata adalah 82,63% meningkat sebesar 21,02% dengan persentase ketuntasan adalah 83,87 atau meningkat sebesar 32,26%.
Downloads
References
Angela, V. (2016). Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. ddk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Darmadi, H. (2014). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikna
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kunandar. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Liyung, R. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kristen Abdi Wacana Kota Pontianak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak
Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Permendikbud No. 22 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Uno, B, H. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wahab, A, A. (2001). Evaluasi Pembelajaran IPS (modul UT). Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Pitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.