PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 PONTIANAK

Authors

  • Luvy Monica Prodi PPKN
  • Erna Octavia IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1437

Keywords:

Cooperative berkirim salam dan soal, Hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative berkirim salam dan soal terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VII di sekolah menengah pertama negeri 20 pontianak.Metode penelitian ini metode Kuantitatif jenis eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahandata, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebelum dilaksanakannya model pembelajaran cooperative berkirim salam dan soal terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negerti 20 Pontianak, termasuk dalam kategori “tidak tuntasâ€, karena rata-rata hasil beajar yang dilakukan oleh peneliti adalah 60,94. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah dilaksanakannya model pembelajaran cooperative berkirim salam dan soal terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negerti 20 Pontianak.termasuk dalam kategori “Tuntasâ€, karena rata-rata hasil belajar yang dilakukan oleh peneliti adalah 75,31 . Ini dapat dilihat dari adanya keinginan siswa untuk berhasl dalam belajar, serta adanya semangat dan kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar dengan sangat baik.(3) Terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative berkirim salam dan soal terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negerti 20 Pontianak. Ini dilihat dari perhitungan berapa besar pengaruh atau (tinggi rendah) menggunakan Effect Size yang hasilnya yaitu Es = 1.49 “tergolong tinggi†dengan Kriteria besarnya Effect Size adalah Es < 0,3 tergolong rendah, 0,3 ≤ Es ≤ 0,7 tergolong sedang, Es > 0,7 tergolong tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Luvy Monica, Prodi PPKN

Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak 

Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Erna Octavia, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Arikunto, S. (2010) Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Sugianto, (2010) Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

, (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S (2000). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto, (2007). Metode Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Pretasi Pustaka.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Zuldafrial, (2004). Bahan Ajar Mata Kuliah Penelitian Kuantitatif, Pontianak: STKIP-PGRI

, (2012) Evaluasi Pendidikan & Penelitian Tindakan Kelas. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

, (2012). Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STAIN.

Downloads

Published

2019-12-03

How to Cite

Monica, L., & Octavia, E. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 144–152. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1437

Issue

Section

Artikel Penelitian