IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP BUMI KHATULISTIWA

Authors

  • Moad Moad IKIP PGRI Pontianak
  • Zuldafrial Zuldafrial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1438

Keywords:

Nilai, Pendidikan Karakter, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewaranegaraan di jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian dasar dengan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Informan terdiri dari kepala sekolah, guru PKn, dan siswa serta dokumen pemebelajaran terdiri dari silabus, RPP, foto pembelajaran dan penilai pembelajaran. Internalisasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Bumi Khatulistiwa maliputi (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkkan guru mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Karakter yang di kembangkan dalam pembelajaran meliputi: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Menghargai Prestasi, Bersahabat/ Komunikatif, Peduli Lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab yang di kembangkan malalui Materi pembelajaran yang memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan dengan ilmu pendidikan kewaganegaraan bersumber dari buku media sosial, publikasi dan media cetak yang tersebar dalam satuan perangkat pembelajaran yang di rencanakan guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dirancang guru dalam rancangan satu semester. Motode bervariasi dengan mendepankan metode studen center dan konfensional. Pada proses pelaksanaan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn dapat dilihat dari beberapa bagian, proses pembelajaran, Materi, Strategi atau metode pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran yang digunakan, dan evaluasi yang digunakan. Strategi dan motode yang digunakan oleh guru PKn dalam pembelajaran yang mengimplemntasikan nilai-nilai pendidikan karakter memliputi: (1) Strategi Pembelajaran Langsung (2) Strategi Pembelajaran Interaktif (interactive instruction) (3) Strategi Pembelajaran melalui Pengalaman  (4) Strategi Pembelajaran Mandiri dengan media pembelajaran bersifat audio, visual dan audio-visual. Hasil akhri dari implemtasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn ini output pembalajarannya tidak hanya terfokus penilaian akademis tetapi juga karakter yang di internalisasikan dalam pembelajaran PKn.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Moad Moad, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Zuldafrial Zuldafrial, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Ades, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogjakarta: Ombak

Anas, Sudijono 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Persada,

Bogdan, C.R & Biklen 1982. Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Ally and Bacon Inc.

Cholisin. 2013. Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan. Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum 2006. Jakarta Media

Goetz, J.P. & Le Compte, M.D. 1984. Ethnography and Qualitative Design in. Educational Research. San Diego: Academic Press. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Gulo,W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Pada Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Arruzz.

Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa yang Berkarakter. Yogyakarta: Samudera Biru.

Made, Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Zanafa Publishing Dan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Suska Riau. Riau.

Permendikbud. (2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

rsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka. Cipta

Sutopo. H.B. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Penerapanya Dalam Penelitian. Surakarta:UNS Press.

Zubaedi (2011), pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: kencana

Downloads

Published

2019-12-03

How to Cite

Moad, M., & Zuldafrial, Z. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP BUMI KHATULISTIWA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 153–166. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1438

Issue

Section

Artikel Penelitian