IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP BUMI KHATULISTIWA
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1438Keywords:
Nilai, Pendidikan Karakter, PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewaranegaraan di jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian dasar dengan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Informan terdiri dari kepala sekolah, guru PKn, dan siswa serta dokumen pemebelajaran terdiri dari silabus, RPP, foto pembelajaran dan penilai pembelajaran. Internalisasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Bumi Khatulistiwa maliputi (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkkan guru mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Karakter yang di kembangkan dalam pembelajaran meliputi: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Menghargai Prestasi, Bersahabat/ Komunikatif, Peduli Lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab yang di kembangkan malalui Materi pembelajaran yang memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan dengan ilmu pendidikan kewaganegaraan bersumber dari buku media sosial, publikasi dan media cetak yang tersebar dalam satuan perangkat pembelajaran yang di rencanakan guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dirancang guru dalam rancangan satu semester. Motode bervariasi dengan mendepankan metode studen center dan konfensional. Pada proses pelaksanaan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn dapat dilihat dari beberapa bagian, proses pembelajaran, Materi, Strategi atau metode pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran yang digunakan, dan evaluasi yang digunakan. Strategi dan motode yang digunakan oleh guru PKn dalam pembelajaran yang mengimplemntasikan nilai-nilai pendidikan karakter memliputi: (1) Strategi Pembelajaran Langsung (2) Strategi Pembelajaran Interaktif (interactive instruction) (3) Strategi Pembelajaran melalui Pengalaman (4) Strategi Pembelajaran Mandiri dengan media pembelajaran bersifat audio, visual dan audio-visual. Hasil akhri dari implemtasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn ini output pembalajarannya tidak hanya terfokus penilaian akademis tetapi juga karakter yang di internalisasikan dalam pembelajaran PKn.
Downloads
References
Ades, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogjakarta: Ombak
Anas, Sudijono 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Persada,
Bogdan, C.R & Biklen 1982. Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Ally and Bacon Inc.
Cholisin. 2013. Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan. Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum 2006. Jakarta Media
Goetz, J.P. & Le Compte, M.D. 1984. Ethnography and Qualitative Design in. Educational Research. San Diego: Academic Press. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Gulo,W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Pada Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Arruzz.
Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa yang Berkarakter. Yogyakarta: Samudera Biru.
Made, Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Zanafa Publishing Dan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Suska Riau. Riau.
Permendikbud. (2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
rsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka. Cipta
Sutopo. H.B. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Penerapanya Dalam Penelitian. Surakarta:UNS Press.
Zubaedi (2011), pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moad Moad, Zuldafrial Zuldafrial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.