PENANAMAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 1 MEMPAWAH

Authors

  • Winda Wahyu Astuti Prodi PPKN
  • Hamid Darmadi IKIP PGRI Pontianak
  • Syarif Firmansyah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1440

Keywords:

Karakter Kemandirian Belajar, Ekstrakulikuler Pramuka.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai penanaman karakter kemandirian belajar siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 mempawah Hilir. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu observasi partisipatif, teknik komunikasi langsung, studi dokumenter, gabungan/triangulasi, dan, serta studi kepustakaan. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini panduan observasi, panduan wawancara, dokumen-dokumen, data triangulasi, dan sumber-sumber penelitian terdahulu. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, disply data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk karakter kemandirian belajar siswa meliputi disiplin, percaya diri, tanggung jawab, berjiwa kepemimpinan dan toleransi antar sesama; (2) Adapun faktor yang mempengaruhi karakter kemandirian belajar siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka meliputi kegiatan baris berbaris, upacara, permainan, perkemahan dan perjalanan lintas alam atau pengembaraan; (3) Upaya yang dilakukan Pembina kesiswaan dalam penanaman karakter kemandirian belajar melalui Ekstrakulikuler Pramuka meliputi: (1) penerapan sistem among; (2) mengelola satuan pramuka; (3) menciptakan kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan mengandung nilai-nilai pendidikan; (4) memahami siswa dan kebutuhannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Winda Wahyu Astuti, Prodi PPKN

Mahasiswa Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Hamid Darmadi, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Syarif Firmansyah, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

References

Debi Rahmadi (2017). Penanaman Karakter Sopan Santun Oleh Guru Pkn di SMA Negeri 1 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 1, No.2.

Haryono, Anung. “Belajar Mandiri: konsep dan penerapannya dalam sistem pendidikan dan pelatihan Terbuka jarak jauhâ€. Dalam http://blog.uin-malang.ac.id.

Martinis Yamin. 2011. Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Gaung persada press.

Rianto, H. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan Berbasis Karakter Bagi Pengembangan Kemandirian Peserta Didik Di SMA. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 14(1).

Rohani, Susan (2017). Penanaman Karakter Peduli Sosial Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol 1, No.2.

Tim Penyusun Kamus pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa indonesia, (Jakarta: Dept Pend dan Kebudayaan RI, 2002), hal.584

Toni Nasution (2018). Membangun Kemamdirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan IPS. Vol 2, No. 1.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Permendiknas nomor 19 tahun 2007.

Downloads

Published

2019-12-03

How to Cite

Astuti, W. W., Darmadi, H., & Firmansyah, S. (2019). PENANAMAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 1 MEMPAWAH. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 175–183. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1440

Issue

Section

Artikel Penelitian