PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DI SEKOLAH DASAR

Heri Hidayat, Heny Mulyani, Nadia Nurul Arifin, Neng Setia Rahmawati

Abstract


Abstrak

Artikel ini merupakan artikel dengan metode kajian pustaka. Peneliti mengkaji dari beberapa penelitian yang bersumber dari artikel dan sumber rujukan lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran PKn di SD yang mampu membuat pembelajaran tidak monoton dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, artikel ini bertujuan agar guru yang masih menggunakan metode lama bisa lebih kreatif untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari kebanyakan penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya interaksi antara guru dan siswa. Jadi, pembelajaran ini bisa membuat guru dan siswa berperan aktif. Namun, dilihat dari penelitian yang lain, pembelajarannya telah dilakukan tetapi masih terdapat kekuarangan. Karena guru belum bisa memahami tentang pelaksanaan pembelajaran ini. Oleh karena itu, perlu adanya pembaharuan dalam proses pembelajaran agar pembelajaran ini bisa lebih bermakna.


Keywords


Pembelajaran,PKn,STAD

Full Text:

PDF

References


Delima, Sri. (2017). “Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division”.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriyani, R. (2019). “Metode Pembelajaran STAD” dalam https: //portal-ilmu.com/metode-pembelajaran-stad. Diakses Tanggal 09 Desember 2019.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Menerapka Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Masoyang. (2014). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Di Kelas V SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah” dalam Jurnal Kreatif Tadulako Online Tahun ke-2 No. 2.

Muslimin, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta.

Pertiwi, Santhi. (2016). “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pmebelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Jombang 2 Ciputat” dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Tahun ke-6, No. 1, November 2016.

Rahadat. (2009). “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran PKn Topik Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan” dalam Jurnal UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugandi. (2002). Penerapan Strategi Belajar Kooperatif. Bandung: UPI.

Soewarso. (1998). Menggunakan Strategi Kooperatif Learning di dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Edukasi.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar.

Tisnawati, Dewi. (2008). “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Model Palu” dalam Jurnal Derap Pendidikan Tahun ke-2, No. 3, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1479

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 0 times

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan kewarganegaraan

IKIP PGRI Pontianak, Prodi PPKn
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats