PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MAHASISWA PPKN

Authors

  • Wiwik Okta Susilawati Universitas Dharmas Indonesia
  • Olga Frida Zwastikawati SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1582

Keywords:

Pemahaman Konsep Tanggung Jawab, Karakter Tanggung Jawab, Mahasiswa PPKn FKIP UAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemahaman konsep tanggung jawab terhadap karakter tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 51 mahasiswa, yang berasal dari populasi atau mahasiswa aktif Program Studi PPKn FKIP UAD angkatan tahun 2012-2014 yang telah menempuh mata kuliah Etika. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes pilihan ganda (multiple choice test) untuk mengukur variabel pemahaman konsep tanggung jawab dan instrumen angket untuk mengukur variabel karakter tanggung jawab. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau dinyatakan “ada pengaruh pemahaman konsep tanggung jawab terhadap karakter tanggung jawab†yang dibuktikan dengan hasil analisis uji t untuk df= (n-k)= (51-2)= 49 yaitu sebesar 2,01 dan taraf signifikan= 5% sehingga diketahui nilai t-hitung (2,452) > t-tabel (2,01) dengan perhitungan regresi sederhana karakter tanggung jawab = 50,818 + 0,500 pemahaman konsep tanggung jawab dan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi didapatkan hasil perhitungan sebesar 10,9%. Hal ini menyatakan bahwa sebesar 10,9% perubahan-perubahan karakter tanggung jawab dipengaruhi oleh pemahaman konsep tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wiwik Okta Susilawati, Universitas Dharmas Indonesia

Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia

Olga Frida Zwastikawati, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Guru PKN SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta

References

Asmaran. (1999). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan.

Bertens. (2007). Etika. Jakarta: Gramedia.

Elmubarok, Z. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Fikri, M. A. (2016). Pengaruh Micro Teaching dan Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung jawab Mahasiswa Prodi PKn UNY. Yogyakarta: UNY.

Hadi, S. (2004). Metodologi Reaserch. Yogyakarta: Andi.

Haris, A. (2007). Pengantar Etika Islam. Sidoarjo: Al-Afkar.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Yogyakarta: ARRUZZ Media.

Lidyasari, A. T. (2016). Membangun Karakter Mahasiswa Yang Bertanggung Jawab Melalui Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional Meneguhkan Peran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Memuliakan Martabat Manusia (pp. 190-199). Yogyakarta: UNY.

Lonto, A. L. (2013). Etika Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ombak.

Magnis-Suseno, F. (1995). Etika Dasar: Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Mardapi, Djemari. (2010). Penilaian Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY.

Muchlas Samani, H. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munir, A. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mustopo, M. H. (1983). Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: Usana Offset Printing.

Nucci, L. P. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (Terjemahan Imam Baehaqi & Derta Sri Widowatie). Abingdon: Routledge.

Rahmaniyah, I. (2010). Pendidikan Etika Konsep Jiwa dan Etika Prespektif Ibnu Maskawaih. Malang: Aditya Media.

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rukiyati. (2014). Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Sama Terintegrasi Dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 213-224.

Rumapea, M. E. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter di Perguruan Tiinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 49-59.

Sara, D. (2009). Character Is The Key: How To Unlock The Best In Our Children And Ourselves. Hoboken: John Wiley & Sons.

Slavin. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. (2010). Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi. (2008). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulaeman, M. (1998). Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.

Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widagdho, Djoko. (2010). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuchdi, D. (2010). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi Dalam Perkuliahan Dan Pengembangan Kultur Universitas. Yogyakarta: UNY Press.

Zubair, Achmad Charris. (1990). Kuliah Etika. Jakarta: CV Rajawali.

Downloads

Published

2020-06-04

How to Cite

Susilawati, W. O., & Zwastikawati, O. F. (2020). PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MAHASISWA PPKN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 27–35. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1582

Issue

Section

Artikel Penelitian