PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MAHASISWA PPKN

Wiwik Okta Susilawati, Olga Frida Zwastikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemahaman konsep tanggung jawab terhadap karakter tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 51 mahasiswa, yang berasal dari populasi atau mahasiswa aktif Program Studi PPKn FKIP UAD angkatan tahun 2012-2014 yang telah menempuh mata kuliah Etika. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes pilihan ganda (multiple choice test) untuk mengukur variabel pemahaman konsep tanggung jawab dan instrumen angket untuk mengukur variabel karakter tanggung jawab. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau dinyatakan “ada pengaruh pemahaman konsep tanggung jawab terhadap karakter tanggung jawab” yang dibuktikan dengan hasil analisis uji t untuk df= (n-k)= (51-2)= 49 yaitu sebesar 2,01 dan taraf signifikan= 5% sehingga diketahui nilai t-hitung (2,452) > t-tabel (2,01) dengan perhitungan regresi sederhana karakter tanggung jawab = 50,818 + 0,500 pemahaman konsep tanggung jawab dan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi didapatkan hasil perhitungan sebesar 10,9%. Hal ini menyatakan bahwa sebesar 10,9% perubahan-perubahan karakter tanggung jawab dipengaruhi oleh pemahaman konsep tanggung jawab.

Keywords


Pemahaman Konsep Tanggung Jawab, Karakter Tanggung Jawab, Mahasiswa PPKn FKIP UAD

Full Text:

PDF

References


Asmaran. (1999). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan.

Bertens. (2007). Etika. Jakarta: Gramedia.

Elmubarok, Z. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Fikri, M. A. (2016). Pengaruh Micro Teaching dan Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung jawab Mahasiswa Prodi PKn UNY. Yogyakarta: UNY.

Hadi, S. (2004). Metodologi Reaserch. Yogyakarta: Andi.

Haris, A. (2007). Pengantar Etika Islam. Sidoarjo: Al-Afkar.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Yogyakarta: ARRUZZ Media.

Lidyasari, A. T. (2016). Membangun Karakter Mahasiswa Yang Bertanggung Jawab Melalui Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional Meneguhkan Peran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Memuliakan Martabat Manusia (pp. 190-199). Yogyakarta: UNY.

Lonto, A. L. (2013). Etika Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ombak.

Magnis-Suseno, F. (1995). Etika Dasar: Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Mardapi, Djemari. (2010). Penilaian Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY.

Muchlas Samani, H. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munir, A. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mustopo, M. H. (1983). Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: Usana Offset Printing.

Nucci, L. P. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (Terjemahan Imam Baehaqi & Derta Sri Widowatie). Abingdon: Routledge.

Rahmaniyah, I. (2010). Pendidikan Etika Konsep Jiwa dan Etika Prespektif Ibnu Maskawaih. Malang: Aditya Media.

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rukiyati. (2014). Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Sama Terintegrasi Dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 213-224.

Rumapea, M. E. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter di Perguruan Tiinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 49-59.

Sara, D. (2009). Character Is The Key: How To Unlock The Best In Our Children And Ourselves. Hoboken: John Wiley & Sons.

Slavin. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. (2010). Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi. (2008). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulaeman, M. (1998). Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.

Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widagdho, Djoko. (2010). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuchdi, D. (2010). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi Dalam Perkuliahan Dan Pengembangan Kultur Universitas. Yogyakarta: UNY Press.

Zubair, Achmad Charris. (1990). Kuliah Etika. Jakarta: CV Rajawali.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1582

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 0 times

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan kewarganegaraan

IKIP PGRI Pontianak, Prodi PPKn
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats