PEMBINAAN KESADARAN MORAL OLEH GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SMA KECAMATAN DELTA PAWAN KABUPATEN KETAPANG

Authors

  • Sitti Uswatun Hasanah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1717

Keywords:

Pembinaan, Kesadarn moral, guru PKn, Kenakalan remaja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan kesadaran moral siswa. Penelitian dilaksanakan pada 7 (tujuh) lokasi SMA di kecamatan Delta Pawan kabupaten Ketapang. dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, komunikasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil peneliitian yaitu Pelaksanaan guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa sudah terlaksana dengan baik Peran guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa pada saat proses pelajaran yaitu dengan menggunakan media tata tertib sekolah dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa supaya kesadaran melekat dalam diri siswa, dan memberikan contoh teladan yang baik, serta memberikan teguran jika melanggar tata tertib tersebut. Faktor-Faktor  yang mempengaruhi guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa adalah faktor internal, dari siswa itu sendiri seperti cacat keturunan yang bersipat biologis-psikis, pembawaan yang negatif yang mengarah ke perbuatan nakal, ketidak seimbangan pemenuhan kebutuhan pokok dengan keinginan, dan lemahnya kontrol diri serta persepsi sosial. Faktor Eksternal seperti masalah yang datang dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan masalah yang datang dari lembaga pendidikan formal secara umum.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sitti Uswatun Hasanah, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Pontianak.

References

Aat, S. (2008). PeranPendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ahmad Syafii, M. (2004). Pendidikan dan Peningkatan Kualitas Moral Bangsa.

Pidato Ilmu pada Dies Natalis FIS Universitas Negeri Yogyakarta

Agoes, D. (2004) Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor Selatan: Ghalia Indah,

Amril, M. (2002). Etika Islam; Telaah Pemikiran Filsafat Moral. Raghib Al-Isfahani.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Asri, B. (2004). Pembelajaran Moral; Berpijak Pada Kerakteristik Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. ( 2006 ). Dasa Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Diahiri, K. (2006). Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi. Bandung: Lab PKn FIPS UPI.

Emsir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kaulitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Farida, S. (2014). Pilar-Pilar Perkembangan Karakter Remaja. Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia.

Iswayudi. (2012). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Insan Media.

Jasa Unggah M. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media.

Juntika, A. (2013). Dinamika Perkembangan Anak & Remaja.Bandung. PT Refelika Aditama.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Pers.

Nurfuadi. (2012). Professional Guru. Purwokerto: STAIN press.

Muchson AR. (2000). Dasar-Dasar Pendidikan Moral.(Diktat Perkuliahan). Yogyakarta: Laboratorium Jurusan PPKn FIS UNY.

Michele, B. (2008) Membangun Kecerdasan Moral Anak Bermoral Tinggi. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama

Soekanto, S. ( 1988). Sosial Penyimpangan. Jakarta: Rajawali.

Suban dan Sudrajat. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Gajahmada University Press

Sumarso. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Alfabeta.

SarlitoWirawan S. (2007). PsikologiRemaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Supriadi. (2003). Nilai, Norma, danMoral (Modul). Jakarta: DirektoratPLP,Ditje

Dikdasmen, Depdiknas

Sudarsono. (2004). Dimensi Moral dalam Kekuasaan Politik. Yogyakarta: Jurusan PPKn

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantattif kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Uzer Usman, M. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2020-06-04

How to Cite

Hasanah, S. U. (2020). PEMBINAAN KESADARAN MORAL OLEH GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SMA KECAMATAN DELTA PAWAN KABUPATEN KETAPANG. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 16–26. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1717

Issue

Section

Artikel Penelitian