PEMBINAAN KESADARAN MORAL OLEH GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SMA KECAMATAN DELTA PAWAN KABUPATEN KETAPANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1717Keywords:
Pembinaan, Kesadarn moral, guru PKn, Kenakalan remajaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan kesadaran moral siswa. Penelitian dilaksanakan pada 7 (tujuh) lokasi SMA di kecamatan Delta Pawan kabupaten Ketapang. dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, komunikasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil peneliitian yaitu Pelaksanaan guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa sudah terlaksana dengan baik Peran guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa pada saat proses pelajaran yaitu dengan menggunakan media tata tertib sekolah dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa supaya kesadaran melekat dalam diri siswa, dan memberikan contoh teladan yang baik, serta memberikan teguran jika melanggar tata tertib tersebut. Faktor-Faktor yang mempengaruhi guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa adalah faktor internal, dari siswa itu sendiri seperti cacat keturunan yang bersipat biologis-psikis, pembawaan yang negatif yang mengarah ke perbuatan nakal, ketidak seimbangan pemenuhan kebutuhan pokok dengan keinginan, dan lemahnya kontrol diri serta persepsi sosial. Faktor Eksternal seperti masalah yang datang dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan masalah yang datang dari lembaga pendidikan formal secara umum.
Downloads
References
Aat, S. (2008). PeranPendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ahmad Syafii, M. (2004). Pendidikan dan Peningkatan Kualitas Moral Bangsa.
Pidato Ilmu pada Dies Natalis FIS Universitas Negeri Yogyakarta
Agoes, D. (2004) Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor Selatan: Ghalia Indah,
Amril, M. (2002). Etika Islam; Telaah Pemikiran Filsafat Moral. Raghib Al-Isfahani.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.
Asri, B. (2004). Pembelajaran Moral; Berpijak Pada Kerakteristik Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, H. ( 2006 ). Dasa Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Diahiri, K. (2006). Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi. Bandung: Lab PKn FIPS UPI.
Emsir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kaulitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Farida, S. (2014). Pilar-Pilar Perkembangan Karakter Remaja. Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia.
Iswayudi. (2012). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Insan Media.
Jasa Unggah M. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media.
Juntika, A. (2013). Dinamika Perkembangan Anak & Remaja.Bandung. PT Refelika Aditama.
Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Pers.
Nurfuadi. (2012). Professional Guru. Purwokerto: STAIN press.
Muchson AR. (2000). Dasar-Dasar Pendidikan Moral.(Diktat Perkuliahan). Yogyakarta: Laboratorium Jurusan PPKn FIS UNY.
Michele, B. (2008) Membangun Kecerdasan Moral Anak Bermoral Tinggi. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama
Soekanto, S. ( 1988). Sosial Penyimpangan. Jakarta: Rajawali.
Suban dan Sudrajat. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Gajahmada University Press
Sumarso. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Alfabeta.
SarlitoWirawan S. (2007). PsikologiRemaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Supriadi. (2003). Nilai, Norma, danMoral (Modul). Jakarta: DirektoratPLP,Ditje
Dikdasmen, Depdiknas
Sudarsono. (2004). Dimensi Moral dalam Kekuasaan Politik. Yogyakarta: Jurusan PPKn
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantattif kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyanto. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Uzer Usman, M. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sitti Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.