PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT DAYAK DESA SENEBAN KECAMATAN SEJIRAM KABUPATEN KAPUAS HULU

Sulha Sulha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelestarian nilai-nilai budaya pada masyarakat dayak desa Seneban kecamatan Sejiram kabupaten Kapuas Hulu.. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kualitatif,  sedangkan bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Seneban, Masyarakat Seneban, Ketua Adat Seneban. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan studi dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh keterangan yang terperinci. Adapun yang menjadi kesimpulan dalam penelitiaan ini adalah bahwa nilai-nilai budaya merupakan nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkungan organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengukur pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dengan yang lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi.


Keywords


Pelestarian, Nilai Budaya, Masyarakat Dayak

Full Text:

PDF

References


Abdulkadir, Muhammad. (1987). Ilmu Budaya Dasar (IBD). Jakarta: Fajar Agung.

Ali, Murtopo. (1978). Strategi Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Proklamasi.

Depertemen Pendidikan Nasional. (2008), Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Elly M. Setiadi,dkk. (2006). Ilmu sosial dan Budaya dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Florus, Paulus. (2010). Kebudayaan Dayak Aktualisasi Dan Tranformasi. Pontianak: Institut Kajian Budaya KALBAR.

Herimanto dan Winarto. (2010). Ilmu Sosial &Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, Hamid, (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Kalean. (2004), pendidikan pancasila, Yogyakarta : Pradigma.

Koentjaraningrat, (2014). Pengantar Antropologi 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Mardalis, (2002). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Maran, Rafael Raga, (2007). Manusia & Kebudayaan dalam perspektif ilmu budaya dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhrotien, Andreas, (2012). Rekonstruksi Identitas Dayak. Yogyakarta: TICI Publications.

Munir dkk. (2015). Pendidikan Pancasila. Malang: Madani Media.

Nuraeni, Heny Gustini dan Alfan, Muhammad, (2012). Studi Budaya di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Saryana, (2002). Upacara Adat. Pontianak: Romeo Grafika Pontianak.

Sulasman. (2013), Teori-teori kebudayaan. Bandung : Cv Pustaka Setia.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun IKIP-PGRI Pontianak, (2016), Pedoman Penyusunan Skripsi Bagi Mahasiswa, Pontianak : IKIP.

Zuldafrial, (2011). Pendekatan Penelitian Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak: Pustaka Abuya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1719

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 0 times

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan kewarganegaraan

IKIP PGRI Pontianak, Prodi PPKn
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats