PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT DAYAK DESA SENEBAN KECAMATAN SEJIRAM KABUPATEN KAPUAS HULU
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1719Keywords:
Pelestarian, Nilai Budaya, Masyarakat DayakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelestarian nilai-nilai budaya pada masyarakat dayak desa Seneban kecamatan Sejiram kabupaten Kapuas Hulu.. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Seneban, Masyarakat Seneban, Ketua Adat Seneban. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan studi dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh keterangan yang terperinci. Adapun yang menjadi kesimpulan dalam penelitiaan ini adalah bahwa nilai-nilai budaya merupakan nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkungan organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengukur pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dengan yang lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi.
Downloads
References
Abdulkadir, Muhammad. (1987). Ilmu Budaya Dasar (IBD). Jakarta: Fajar Agung.
Ali, Murtopo. (1978). Strategi Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Proklamasi.
Depertemen Pendidikan Nasional. (2008), Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Elly M. Setiadi,dkk. (2006). Ilmu sosial dan Budaya dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Florus, Paulus. (2010). Kebudayaan Dayak Aktualisasi Dan Tranformasi. Pontianak: Institut Kajian Budaya KALBAR.
Herimanto dan Winarto. (2010). Ilmu Sosial &Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi, Hamid, (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Kalean. (2004), pendidikan pancasila, Yogyakarta : Pradigma.
Koentjaraningrat, (2014). Pengantar Antropologi 1. Jakarta: Rineka Cipta.
Mardalis, (2002). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Maran, Rafael Raga, (2007). Manusia & Kebudayaan dalam perspektif ilmu budaya dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhrotien, Andreas, (2012). Rekonstruksi Identitas Dayak. Yogyakarta: TICI Publications.
Munir dkk. (2015). Pendidikan Pancasila. Malang: Madani Media.
Nuraeni, Heny Gustini dan Alfan, Muhammad, (2012). Studi Budaya di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.
Saryana, (2002). Upacara Adat. Pontianak: Romeo Grafika Pontianak.
Sulasman. (2013), Teori-teori kebudayaan. Bandung : Cv Pustaka Setia.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun IKIP-PGRI Pontianak, (2016), Pedoman Penyusunan Skripsi Bagi Mahasiswa, Pontianak : IKIP.
Zuldafrial, (2011). Pendekatan Penelitian Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak: Pustaka Abuya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sulha Sulha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.