PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT DAYAK DESA SENEBAN KECAMATAN SEJIRAM KABUPATEN KAPUAS HULU

Authors

  • Sulha Sulha IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1719

Keywords:

Pelestarian, Nilai Budaya, Masyarakat Dayak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelestarian nilai-nilai budaya pada masyarakat dayak desa Seneban kecamatan Sejiram kabupaten Kapuas Hulu.. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kualitatif,  sedangkan bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Seneban, Masyarakat Seneban, Ketua Adat Seneban. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan studi dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh keterangan yang terperinci. Adapun yang menjadi kesimpulan dalam penelitiaan ini adalah bahwa nilai-nilai budaya merupakan nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkungan organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengukur pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dengan yang lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sulha Sulha, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Abdulkadir, Muhammad. (1987). Ilmu Budaya Dasar (IBD). Jakarta: Fajar Agung.

Ali, Murtopo. (1978). Strategi Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Proklamasi.

Depertemen Pendidikan Nasional. (2008), Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Elly M. Setiadi,dkk. (2006). Ilmu sosial dan Budaya dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Florus, Paulus. (2010). Kebudayaan Dayak Aktualisasi Dan Tranformasi. Pontianak: Institut Kajian Budaya KALBAR.

Herimanto dan Winarto. (2010). Ilmu Sosial &Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, Hamid, (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Kalean. (2004), pendidikan pancasila, Yogyakarta : Pradigma.

Koentjaraningrat, (2014). Pengantar Antropologi 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Mardalis, (2002). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Maran, Rafael Raga, (2007). Manusia & Kebudayaan dalam perspektif ilmu budaya dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhrotien, Andreas, (2012). Rekonstruksi Identitas Dayak. Yogyakarta: TICI Publications.

Munir dkk. (2015). Pendidikan Pancasila. Malang: Madani Media.

Nuraeni, Heny Gustini dan Alfan, Muhammad, (2012). Studi Budaya di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Saryana, (2002). Upacara Adat. Pontianak: Romeo Grafika Pontianak.

Sulasman. (2013), Teori-teori kebudayaan. Bandung : Cv Pustaka Setia.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun IKIP-PGRI Pontianak, (2016), Pedoman Penyusunan Skripsi Bagi Mahasiswa, Pontianak : IKIP.

Zuldafrial, (2011). Pendekatan Penelitian Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak: Pustaka Abuya.

Downloads

Published

2020-06-04

How to Cite

Sulha, S. (2020). PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT DAYAK DESA SENEBAN KECAMATAN SEJIRAM KABUPATEN KAPUAS HULU. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1719

Issue

Section

Artikel Penelitian