PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANGARAN KABUPATEN SAMBAS

Authors

  • Susan Lestari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak Jl Ampera No. 88 Pontianak
  • Rohani Rohani IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.608

Keywords:

Penanaman Karakter, Peduli Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman karakter peduli sosial. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di lingkungan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas dengan subjek penelitiannya siswa dan guru yang berjumlah 4 guru terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina OSIS, guru PKn dan 4 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, komunikasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan tahapan analisis, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitiannya yaitu penanaman karakter peduli sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas telah dilakukan dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh guru, tetapi belum maksimal terutama dalam penanaman karakter peduli , sedangkan kesimpulan khusus penelitian ini yaitu sebagai berikut yaitu bentuk penanaman karakter peduli sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas yaitu terdiri dari: bakti sosial, memberikan sumbangan atau bencana dan tolong menolong. Bahwa kegiatan ini diterapakan oleh semua warga sekolah (guru dan siswa), dalam menerapkan kegiatan ini penuh kesadaran dan benar-benar tulus. Peran guru dalam menanamkan karakter peduli sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas terdiri dari memberikan keteladanan, menanamkan kedisplinan, pembiasaan atau kegaiatan rutin dan pengkondisian lingkungan. Bahwa guru sudah menerapkannya dengan baik di sekolah. Faktor pendukung Penanaman Karakter Peduli Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas yaitu pembelajaran dirumah, pembelajaran dilingkungan dan pembelajaran dilingkungan sekolah. Faktor penghambat dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas yaitu pengaruh negatif internet, sarana hiburan, TV dan pengaruh masukny budaya barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Susan Lestari, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak Jl Ampera No. 88 Pontianak

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Rohani Rohani, IKIP PGRI PONTIANAK

DOSEN PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

References

Alma, Buchari. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Darmadi, Hamid. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Hidayatullah, Furgon. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rianto, Hadi. (2015). Peran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Membangun Generasi Cerdas Dan Berkarakter. Sosial Horizon. Vol. 2, No. 1, Juni 2015

Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Jogjakarta: Powerbook

Taufik, S.A. (2014). Pendidikan Karakater Berbasis Hadist. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Peyusun Kamus. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan Dan Pengembagan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2017-12-16

How to Cite

Lestari, S., & Rohani, R. (2017). PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANGARAN KABUPATEN SAMBAS. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.608

Issue

Section

Artikel Penelitian