PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAA DALAM PEMBINAAN BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

Authors

  • Sukrisno Sukrisno IKIP PGRI Pontianak
  • Hadi Rianto prodi ppkn ikip pgri pontianak
  • Erna Oktavia IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1747

Keywords:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pembinaan Budi Pekerti Siswa, Pancasila And Citizenship Education, Development Of Student Ethics.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai pembinaan budi pekerti siswa SMP Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subjek penelitian siswa ini adalah kelas VIIA, VIIC dan VIIE, kelas VIIIB, VIIIC dan VIIID, kelas IXA, XIC dan IXF SMP Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini melalui wawancara. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Guru Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan sudah berperan aktif dalam pembinaan budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak baik yang dilakukan melalui proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menanamkan nilai-nilai moral yang berhubungan dengan budi pekerti siswa, seperti kejujuran, kesopanan serta kedisiplinan maupun melalui pendekatan-pendekatan yang dilakukan dengan cara mencontohkan cara berbicara yang sopan dan cara berpakaian yang rapi; (2) Hasil pembinaan budi pekerti siswa SMP Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten landak belum terimplementasi secara maksimal. Masih ada siswa yang yang kurang memahami pentingnya memiliki budi pekerti yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sukrisno Sukrisno, IKIP PGRI Pontianak

Prodi PPKN

Hadi Rianto, prodi ppkn ikip pgri pontianak

Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

Erna Oktavia, IKIP PGRI Pontianak

Prodi PPKN

References

Cahyoto. (2002). Budi Pekerti dalam Perspektif Pendidikan. Malang: Depdiknas- Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah- Pusat Penantaran Guru IPS dan PMP Malang.

Danim, Sudarwan. (2010). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas . (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Fudyartanta. (1995). Pendidikan Budi Pekerti dalam Rangka Pengembangan Kebudayaan Nasional Indonesia. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Setyowati, E. (2009). Pendidikan budi pekerti menjadi mata pelajaran di sekolah. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(2).

Zuldafrial.(2011). Penelitian Kualitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press

Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2020-06-04

How to Cite

Sukrisno, S., Rianto, H., & Oktavia, E. (2020). PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAA DALAM PEMBINAAN BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 84–90. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1747

Issue

Section

Artikel Penelitian