PERAN DOSEN PROGRAM STUDI PPKN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI PANCASILA DALAM PEMILU SERENTAK TAHUN 2019

Fety Novianty, Syarif Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dosen program studi PPKn dalam mengembangkan budaya demokrasi pancasila dalam pemilu serentak tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, hasil observasi dan dokumen. Proses pengolahan data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa Peran dosen dalam mengembangkan budaya demokrasi pancasila pada mahasiswa Program Studi PPKn dikukan dengan; (1) memberikan pengetahuan dan pemahaman akan pentingnya demokrasi pancasila dengan cara penguatan nilai-nilai demokrasi pancasila dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan menciptakan suasana kelas yang demokratis; (2) mengembangkan sikap kebebasan mengemukakan pendapat; (4) mengembangkan sikap kebebasan untuk berpartisipasi; (5) mengembangkan sikap toleransi.


Keywords


Budaya Demokrasi Pancasila, Pemilu Serentak, Pancasila Democracy Culture, Simultaneous Elections

Full Text:

PDF

References


Affandi, Idrus dan Leni A (2011). Pendidikan Politik (Sebuah Kajian dan Analisis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia dan Penerbit Lensa Media Pustaka Indonesia

Affandi, Idrus (2011). Pendidikan Politik Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia dan Penerbit Mutiara Press

Budiarjo, M. (1998). Dasar-Dasar Ilmu Politik. PT. Gramedia Pustaka Utama,

Basrowi, dkk (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Branson, M.S. (1998). The Role of Civic Education, A Fortcoming Education Policy Task Force Position Paper From the Communitarian Network.

Cholisin (2013) Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Ombak

Darmadi, Hamid (2012). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Fuady, Munir (2010). Konsep Negara Demokrasi. Bandung: PT Refika Aditama

Gatara, Sahid (2009). Ilmu Politik Memahami dan Menerapkan. Bandung: Pustaka Setia

Huntington ,S. dan Nelson, Joan, (1994). Partisipasi Politik di Negara Berkembang, Rineka Cipta, Jakarta

IKIP-PGRI Pontianak (2011) Pedoman Operasional Akademik 2014-2015. Pontianak

Fusnika, (2014). JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 23, No 1 Edisi Juni

Kaelan, dan Zubaidi (2010). Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Paradigma

Koesoema, D. A. (2009), Pendidik Karakter di Zaman Keblinger: mengembangkan Visi Guru Sebagai pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter. Jakarta:Grasindo.

Merphin Panjaitan. (2001). Gerakan Warga Negara Menuju Demokrasi. Jakarta,

Megawangi, R (2004:95), Pendidikan karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Jakarta: BPMIGAS dan Star Energi

Miles, B. Matthew dan Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Pers).

Moleong. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.

Mufti, dan Naafisah, (2013), Teori-Teori Demokrasi. Bandung; Pustaka Setia

Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Winataputra, U. S. (2002). Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Zamroni. (2002). Demokrasi dan Pendidikan Dalam Transisi: Perlunya Reorientasi Pengajaran Ilmu -Ilmu Sosial di Sekolah Menengah. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada FIS UNY Yogyakarta: tidak diterbitkan




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1793

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 0 times

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan kewarganegaraan

IKIP PGRI Pontianak, Prodi PPKn
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats