PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1795Keywords:
Media Audiovisual, minat belajar, Pelajaran PKn, Audiovisual Media, interest in learning, Civics EducationAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran PKn agar lebih bersemangat untuk terus meningkatkan minat belajar dengan menggunakan Media Audio Visual sehingga hasil belajar akan maksimal. Bentuk penelitian yang sesuai untuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang berjumlah 26 siswa. Kesimpulan umum bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang. Penggunaan media audio visual dengan memanfaatkan Film dokumenter dalam pembelajaran dengan tahapan utama menyiapkan alat pembelajaran, siswa menyusun laporan hasil (review) menonton Film, kelompok mempresentasikan laporan film dokumenter dan memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi sehingga terjadi tanya jawab, Guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar pada materi tersebut dan siswa mengerjakan soal-soal evaluasi akhir pelajaran. Peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkannya media audio visual di kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang, pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki minat belajar tinggi berjumlah 15 siswa (58%) dan pada siklus II meningkat sebanyak 21 siswa (81%) dengan penerapan media film dokumenter telah mengalami peningkatan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Bungin, Burhan. (2013). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media
Dwiyogo, Wasis D. (2016). Pembelajaran berbasis blended learning (model rancangan pembelaajaran). Malang: Wineka Media
Emzir. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (blended learning). Jakarta: Prestasi Pustakara.
Ibrahim, Muhsin dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nawawi, H. (2007). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Prees.
Nazir, Moh. Ph. D. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosadakarya
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sulaiman,Hamzah Amir. (1985). Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka
Warsita,B. (2008). Tekhnologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moad Moad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.