PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 SINGKAWANG

Moad Moad

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran PKn agar lebih bersemangat untuk terus meningkatkan minat belajar dengan menggunakan Media Audio Visual sehingga hasil belajar akan maksimal. Bentuk penelitian yang sesuai untuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang berjumlah 26 siswa. Kesimpulan umum bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang. Penggunaan media audio visual dengan memanfaatkan Film dokumenter dalam pembelajaran dengan tahapan utama menyiapkan alat pembelajaran, siswa menyusun laporan hasil (review) menonton Film, kelompok mempresentasikan laporan film dokumenter dan memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi sehingga terjadi tanya jawab, Guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar pada materi tersebut dan siswa mengerjakan soal-soal evaluasi akhir pelajaran. Peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkannya media audio visual di kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang, pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki minat belajar tinggi berjumlah 15 siswa (58%) dan pada siklus II meningkat sebanyak 21 siswa (81%) dengan penerapan media film dokumenter telah mengalami peningkatan.


Keywords


Media Audiovisual, minat belajar, Pelajaran PKn, Audiovisual Media, interest in learning, Civics Education

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Bungin, Burhan. (2013). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media

Dwiyogo, Wasis D. (2016). Pembelajaran berbasis blended learning (model rancangan pembelaajaran). Malang: Wineka Media

Emzir. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (blended learning). Jakarta: Prestasi Pustakara.

Ibrahim, Muhsin dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi, H. (2007). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Prees.

Nazir, Moh. Ph. D. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosadakarya

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sulaiman,Hamzah Amir. (1985). Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka

Warsita,B. (2008). Tekhnologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v4i1.1795

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 0 times

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan kewarganegaraan

IKIP PGRI Pontianak, Prodi PPKn
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats