IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBENTUK BUDAYA SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA

Authors

  • Subhi Wahyudi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Rum Rosyid Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Thomy Sastra Atmaja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1821

Keywords:

Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Budaya .

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengamati dan mengetahui tentang berbagai program atau kegiatan sekolah yang menunjang penguatan pendidikan karakterMetode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah kualitatif. Sumber data untuk penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf kependidikan, dan peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yaitu  teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah koleksi observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan informan berhasil 9 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan cara pelaksanaan pendidikan karakter untuk membentuk budaya sekolah dilakukan dengan berbagai kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengondisian. . Dari keseluruhan kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengondisian maka akan memunculkan nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, integrasi, dan gotong royong.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Subhi Wahyudi, Universitas Tanjungpura Pontianak

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Rum Rosyid, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Thomy Sastra Atmaja, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. : Rineka Cipta.

CNN, I. (2018). Ditegur saat Main HP di Kelas, Murid Pukul Guru dengan Kursi. Kemendikbud. (2016). Konsep dan Pedoman PPK.

CNN, I. (2019). Kronologi Pengeryokan Audrey Siswi SMP di Pontianak. https://m.cnnindonesia.com/nasional.

Lichona, T. (2012). Character Matters Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya. PT Bumi Aksara.

Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Rahayu, S. A. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bumi Aksara.

Ramdani, Dani Nurma M, (2016). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Dalam Menanggulangi Dampak Media Sosial. http://repository.ump.ac.id. Diakses tanggal 8 Juli 2019.

Samani, M. dan H. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.

.............. (2017). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Tim Pengembangan Pendidikan Kebudayaan dan Karakter Bangsa.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum-Tahun 2010. (n.d.).

Tim Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.).

Undang-undang 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1. Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Wahyudi, S., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. (2020). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBENTUK BUDAYA SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 128–141. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1821

Issue

Section

Artikel Penelitian