IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBENTUK BUDAYA SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA

Subhi Wahyudi, Rum Rosyid, Thomy Sastra Atmaja

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengamati dan mengetahui tentang berbagai program atau kegiatan sekolah yang menunjang penguatan pendidikan karakterMetode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah kualitatif. Sumber data untuk penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf kependidikan, dan peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yaitu  teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah koleksi observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan informan berhasil 9 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan cara pelaksanaan pendidikan karakter untuk membentuk budaya sekolah dilakukan dengan berbagai kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengondisian. . Dari keseluruhan kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengondisian maka akan memunculkan nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, integrasi, dan gotong royong.


Keywords


Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Budaya .

Full Text:

Download Pdf

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. : Rineka Cipta.

CNN, I. (2018). Ditegur saat Main HP di Kelas, Murid Pukul Guru dengan Kursi. Kemendikbud. (2016). Konsep dan Pedoman PPK.

CNN, I. (2019). Kronologi Pengeryokan Audrey Siswi SMP di Pontianak. https://m.cnnindonesia.com/nasional.

Lichona, T. (2012). Character Matters Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya. PT Bumi Aksara.

Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Rahayu, S. A. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bumi Aksara.

Ramdani, Dani Nurma M, (2016). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Dalam Menanggulangi Dampak Media Sosial. http://repository.ump.ac.id. Diakses tanggal 8 Juli 2019.

Samani, M. dan H. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.

.............. (2017). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Tim Pengembangan Pendidikan Kebudayaan dan Karakter Bangsa.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum-Tahun 2010. (n.d.).

Tim Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.).

Undang-undang 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1. Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1821

Article Metrics

Abstract view : 72 times
Download Pdf - 16 times

Article Metrics

Abstract view : 72 times
Download Pdf - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Subhi Wahyudi, Rum Rosyid, Thomy Sastra Atmaja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats