IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBENTUK BUDAYA SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1821Keywords:
Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Budaya .Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengamati dan mengetahui tentang berbagai program atau kegiatan sekolah yang menunjang penguatan pendidikan karakterMetode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah kualitatif. Sumber data untuk penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf kependidikan, dan peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah koleksi observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan informan berhasil 9 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan cara pelaksanaan pendidikan karakter untuk membentuk budaya sekolah dilakukan dengan berbagai kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengondisian. . Dari keseluruhan kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengondisian maka akan memunculkan nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, integrasi, dan gotong royong.
Downloads
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. : Rineka Cipta.
CNN, I. (2018). Ditegur saat Main HP di Kelas, Murid Pukul Guru dengan Kursi. Kemendikbud. (2016). Konsep dan Pedoman PPK.
CNN, I. (2019). Kronologi Pengeryokan Audrey Siswi SMP di Pontianak. https://m.cnnindonesia.com/nasional.
Lichona, T. (2012). Character Matters Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya. PT Bumi Aksara.
Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Rahayu, S. A. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bumi Aksara.
Ramdani, Dani Nurma M, (2016). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Dalam Menanggulangi Dampak Media Sosial. http://repository.ump.ac.id. Diakses tanggal 8 Juli 2019.
Samani, M. dan H. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.
.............. (2017). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Tim Pengembangan Pendidikan Kebudayaan dan Karakter Bangsa.
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum-Tahun 2010. (n.d.).
Tim Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.).
Undang-undang 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1. Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Subhi Wahyudi, Rum Rosyid, Thomy Sastra Atmaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.