ANALISIS PELAKSANAAN NILAI KEARIFAN LOKAL PADA ACARA NYANGAHATN DAYAK KANAYATN DI DESA LINGKONONG KECAMATAN SOMPAK KABUPATEN LANDAK

Authors

  • Yolanda Sepriana program studi PPKN fakultas ilmu dan pendidikan pengetahuan sosial IKIP PGRI Pontianak
  • Ahmad Jamalong IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Anwar Rube'i IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1931

Keywords:

Nilai Kearifan Lokal, Acara Nyangahatn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan nilai kearifan lokal pada acara nyangahatn dayak kanayatn di Desa Lingkonong Kecamatan Sompak Kabupaten Landak. Fokus penelitian ini yaitu nilai- nilai kearifan lokal pada Acara Nyangahatn Dayak Kanayatn, pelaksanaan nilai kearifan lokal pada acara nyagahatn dayak kanayatn, dan Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan nilai kearifan lokal pada acara nyangahatn dayak kanayatn di desa lingkonong kecamatan sompak kabupaten landak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Alat pengumpulan Data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Desa Lingkonong, Ketua RT, Kepala Adat, Panyangahatn (imam adat) diambil 2 orang dan Masyarakat Desa Lingkonong diambil 4 orang sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik dokumentasi. Hasil  analisis penelitian Nilai Kearifan Lokal Pada Acara Nyangahatn Dayak Kanayatn Di Desa Lingkonong Kecamatan Sompak Kabupaten Landak pelaksanaan mempertahankan dan menjaga akan sebuah nilai terutama pelaksanaan nilai kearifan lokal pada acara nyanagahatn dayak kanayatn yang ada di Desa Lingkonong pelaksanaan nilai kearifan lokal tersebut bertujuan untuk menjaga interaksi, komunikasi antara masyarakat satu dengan yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yolanda Sepriana, program studi PPKN fakultas ilmu dan pendidikan pengetahuan sosial IKIP PGRI Pontianak

mahasiswa prodi PPKN

Ahmad Jamalong, IKIP PGRI Pontianak

Dosen program studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial

Muhammad Anwar Rube'i, IKIP PGRI Pontianak

Dosen program studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial

References

Al-Makasarry, Ridwan dkk.2007.Hak Minoritas: Multikulturalisme Dilema Negara Bangsa.Jakarta : Yayasan Interseksi.

Ayatrohaedi. Edt. 1986, Kepribadian Budaya Bangsa (Local Genius). Jakarta Pusat.

Gunawan,R. (2003). Kearifan Lokal dalam Tradisi Lisan. Jakarta: Pusat Bahasa.

Herman Ivo,(2002).Upacara Adat Perladangan Dayak Kanayatn, Kalimantan Barat. Laporan Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Johan Weinter,(2004).Beberapa Penggal Kehidupan Dayak Kanayat. Kekayaan Ritual dan Keanekaragaman Pertanian dihutan Kalimantan Barat. Makalah Studi Lapangan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Nana Syaodih Sukmadinata (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rukaesih. A.Maolani.(2015).Metodologi Penelitian

Pendidikan.Cetakan 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rasid Y unus,S.Pd,M.Pd.Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Genius) Sebagai Penguat Karakter Bangsa.

Samion dkk.(2017).Panduan Operasional Akademik Tahun Akademik 2017/2018,Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Sugiyono(2017).Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sarah Indah Apriliyanti,(2016).Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Cultural Identity Peserta Didik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sesilia Seli,(2017/2018).Kearifan Lokal dalam Legenda Dayak Kanayatn. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Untan, Pontianak Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. Vol.1 No.2 Tahun:2017/2018.

Suyahman, (2018).Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global. Program Studi PPKN FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Universitas Muria Kudus.

Saidi, E. A. M. (2005). Naskah Kesultanan Buton sebagai Sumber Kekayaan Dunia. Bau-bau: Simponsium Pernaskahan Nusantara.

Wahyu,R.(2008).Ilmu Budaya Dasar. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Yekti Maunati. (2006). Komodifikasi dan Politik Kebudayaan

Zuldafrial.(2012).Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pressindo.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Sepriana, Y., Jamalong, A., & Rube’i, M. A. (2020). ANALISIS PELAKSANAAN NILAI KEARIFAN LOKAL PADA ACARA NYANGAHATN DAYAK KANAYATN DI DESA LINGKONONG KECAMATAN SOMPAK KABUPATEN LANDAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 142–148. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1931

Issue

Section

Artikel Penelitian