PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IX C SMP NEGERI 1 KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.613Keywords:
Model Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Kewarganegaraan.Abstract
Masalah umum dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran word square pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas?â€. Sedangkan sub-sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah perencanaan model pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas ? 2)Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan diterapkan model pembelajaran word squarepada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian nya adalah penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik studi documenter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas.
Â
Downloads
References
Arikunto.S (2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
…………., (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2015) .Model pembelajaran.Jakarta : Pena.
Purwanto (2014). .Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fety Novianty, Sheila Ardila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.