PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IX C SMP NEGERI 1 KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS

Fety Novianty, Sheila Ardila

Abstract


Masalah umum dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran word square pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas?”. Sedangkan sub-sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah perencanaan model pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas ? 2)Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan diterapkan model pembelajaran word squarepada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian nya adalah penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik studi documenter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas.

 


Keywords


Model Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Kewarganegaraan.

References


Arikunto.S (2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

…………., (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2015) .Model pembelajaran.Jakarta : Pena.

Purwanto (2014). .Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v1i2.613

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 34 times

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan




Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats