PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IX C SMP NEGERI 1 KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS

Authors

  • Fety Novianty IKIP PGRI PONTIANAK
  • Sheila Ardila PRODI PPKN IKIP PGRI POKNTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.613

Keywords:

Model Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Kewarganegaraan.

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran word square pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas?â€. Sedangkan sub-sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah perencanaan model pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas ? 2)Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan diterapkan model pembelajaran word squarepada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian nya adalah penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik studi documenter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fety Novianty, IKIP PGRI PONTIANAK

DOSEN PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

Sheila Ardila, PRODI PPKN IKIP PGRI POKNTIANAK

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial  IKIP PGRI Pontianak

References

Arikunto.S (2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

…………., (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2015) .Model pembelajaran.Jakarta : Pena.

Purwanto (2014). .Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Downloads

Published

2017-12-16

How to Cite

Novianty, F., & Ardila, S. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IX C SMP NEGERI 1 KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.613

Issue

Section

Artikel Penelitian