Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Sebagai Upaya Meningkatkan Pendidikan Politik (Studi di SMAN 1 Cikalong Wetan)

Authors

  • Yusuf Faisal Ali Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan STKIP Pasundan Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1972

Keywords:

Internalisasi, Pendidikan Politik, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Upaya guru PPKn dalam menginternalisasi pendidikan politik melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 1 Cikalong Wetan, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi guru PPKn dalam menginternalisasi pendidikan politik melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 1 Cikalong Wetan, dan 3) Solusi yang dilakukan guru PPKn untuk menghadapi hambatan-hambatan dalam menginternalisasi pendidikan politik melalui pembelajaran kewarganegaraan di SMAN 1 Cikalong Wetan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini yaitu guru PPKn SMAN 1 Cikalong Wetan dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya guru PPKn dalam menginternalisasi pendidikan politik melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 1 Cikalong Wetan dengan cara memberikan praktek seperti simulasi pemilihan umum, peserta didik mengikuti praktek tersebut agar mereka tahu bagaimana cara-cara atau langkah-langkah saat pemilihan berlangsung dan peserta didik berpartisipasi aktif dalam pemilihan. 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi guru PPKn dalam menginternalisasi pendidikan politik melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 1 Cikalong Wetan mencakup kendala internal dan eksternal. 4) Solusi yang dilakukan guru PPKn untuk menghadapi hambatan-hambatan dalam menginternalisasi pendidikan politik melalui pembelajaran kewarganegaraan di SMAN 1 Cikalong Wetan yakni dengan meningkatkan keteladan, meningkatkan efektivitas dan kreativitas, dan memberikan suatu pengertian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branson. (1999). The Role of Civic Education. Calabasas: Center for Civic Education (CEE). .

Cholisin. (2010). Diktat Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: UNY Press.

Cholisin. (2004). Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.

Cholisin. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: UNY Press.

Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kartono, K. (2009). Pendidikan Politik. Bandung: Mandar Maju.

Rohmawati, R. (2012). Implementasi Pendidikan Politik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Pengembangan Budaya Demokratis di SMA Negeri Se Kabupaten Bantul. Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanusi. (2016). Implementasi Pendidikan Politik dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Lintas Budaya pada Generasi Muda demi Mewujudkan Budaya Politik Pancasila. Yogyakarta: UNY.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D . Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2006). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen pasal 20. Jakarta.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Ali, Y. F. (2020). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Sebagai Upaya Meningkatkan Pendidikan Politik (Studi di SMAN 1 Cikalong Wetan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 158–166. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.1972

Issue

Section

Artikel Penelitian