PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH

Erna Octavia, Ines Sumanto

Abstract


Bagi guru bidang studi pendidikan kewarganegaraan membentuk karakter disiplin siswa merupakan tugas utama di sekolah. Hal ini dikarenakan guru pendidikan kewarganegaraan atau disebut sebagai role model bagi diri siswa dalam berdisiplin waktu, displin berpakaian dan berperilaku disiplin lainnya. Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) menyangkut kemampuan akademik keilmuan yang dikembangkan menjadi tiga aspek yaitu : politik, hukum, dan moral. Dari ketiga aspek tersebut diharapkan dapat membentuk pengetahuan siswa yang memiliki karakter disiplin di sekolah, seperti aspek hukum sebagai implementasi dari peraturan atau tata tertib sekolah. Keterampilan kewarganegaraan (Civic Skills)  merupakan kompetensi yang dikembangkan dari pengetahuan kewarganegaraan (Civic Knowledge), yang dimaksudkan agar pengetahuan yang diperoleh menjadi sesuatu yang bermakna dalam menghadapi kendala-kendala sebagai siswa yang memiliki karakter disiplin di sekolah. Karakter kewarganegaraan (Civic Dispositions) kompetensi ini adalah bagian yang paling substantif dan esensial dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan dipandang sebagai “muara “dari pengembangan kedua kompetensi sebelumnya

Keywords


Peran, Guru PKn, Karakter Disiplin Siswa

References


Mulyaningtyas, B Renita (2006). Bimbingan Dan Konseling SMA 1 Untuk Kelas X.

Jakarta : Erlangga

Moh. Uzer Usman, 2008, Strategi Pembelajaran, Jakarta : Erlangga

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Rusyan. 1990. Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Yayasan Karya.

R. M. Umar dkk 2004. Komitmen dan Sosiologi : Bandung : Angkasa Media.

Zuldafrial. 2012. Metodologi Penelitian. Surakarta : Cakrawala Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group,

Syamsul Hidayat. 2007. Sosiologi. Jakarta: Erlangga

Sarwono. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Gravido Persada.

UU No 14 Tahun 2005

UU RI NO 20 TAHUN 2003

UUD 1945 PASAL 27 AYAT 1




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v2i2.955

Article Metrics

Abstract view : 966 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 131 times

Article Metrics

Abstract view : 966 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan




Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats