PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMA NEGERI 3 KABUPATEN SANGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.614Keywords:
Project Citizen, dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Citizen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Sanggau. Metode yang penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian yaitu eksperimental semu (quasi experimental design) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 105, dan sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X IPA 2 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan perhitungan statistik berupa rumus rata-rata (mean), skor, dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Uji-t diperoleh nilai thitung< ttabel, yaitu -4,466 < 2,447 maka dengan signitifkan 5% Ha diterima . Jadi, terdapat pengaruh pada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Citizen dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Martinis Yamin. (2007) . Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Perss
Budimansyah, D. (2002) Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portopolio, Bandung: PT Genesindo
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Nawawi, Hadari. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta : Gajahmada University Press
Subana dan Sudrajat. (2001). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Arikunto, S. (2007).Dasar-dasarEvaluasiPendidikan.Jakarta : PT. BumiAksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sulha Sulha, Asriani Asriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.