PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMA NEGERI 3 KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Sulha Sulha IKIP PGRI PONTIANAK
  • Asriani Asriani IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.614

Keywords:

Project Citizen, dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Citizen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Sanggau. Metode yang penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian yaitu eksperimental semu (quasi experimental design) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 105, dan sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X IPA 2 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan perhitungan statistik berupa rumus rata-rata (mean), skor, dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Uji-t diperoleh nilai thitung< ttabel, yaitu -4,466 < 2,447 maka dengan signitifkan 5% Ha diterima . Jadi, terdapat pengaruh pada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Citizen dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sulha Sulha, IKIP PGRI PONTIANAK

DOSEN PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

Asriani Asriani, IKIP PGRI PONTIANAK

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial
IKIP-PGRI Pontianak

References

Martinis Yamin. (2007) . Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Perss

Budimansyah, D. (2002) Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portopolio, Bandung: PT Genesindo

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Nawawi, Hadari. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta : Gajahmada University Press

Subana dan Sudrajat. (2001). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2007).Dasar-dasarEvaluasiPendidikan.Jakarta : PT. BumiAksara

Downloads

Published

2017-12-16

How to Cite

Sulha, S., & Asriani, A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMA NEGERI 3 KABUPATEN SANGGAU. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.614

Issue

Section

Artikel Penelitian