PENANAMAN SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Rohani Rohani IKIP PGRI PONTIANAK
  • Fety Novianty IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2124

Keywords:

Kemanusiaan, Adil dan Beradab

Abstract

Penelitin ini mengkaji dan mendeskripsikan penanaman nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab oleh dosen PPKn.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PPKn angkatan 2018/2019 dan dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya toleransi dan saling menghormati antar mahasiswa yang berbeda-beda suku, agama, dan budaya . Implementasi nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab pada mahsiswa program studi PPKn sudah baik hal ini dilihat dari mahasiswa sudah saling menghormati antar mahasiswa dan dosen, tidak saling menjelekkan suku atau agama, dosen dalam proses perkuliahan juga tidak membeda-bedakan antar mahasiswa yang kaya dan miskin, saling menghargai, dan toleransi. Peran dosen program studi PPKn dalam menanamkan nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab yaitu dengan memberikan pemahaman kepada mahasiswa pentingnya saling menghormati, tolong menolong, menghargai antar sesama mahasiswa, memberikan contoh yang baik dalam mengimplemtasikan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, dan membudayakan nilai-nilai Pancasila dalam proses perkuliahan. Faktor-faktor yang menjadi  penghambat  bagi  dosen dalam menanamkan nilai sila kemanusian yang adil dan beradab yaitu dari dalam diri mahasiswa, dosen   maupun   dari   luar   lingkungan   kampus

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rohani Rohani, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PPKN

Fety Novianty, IKIP PGRI Pontianak

PROGRAM STUDI PPKN

References

Abduh, M dan Tukiran, (2017). Penanaman Nilai-Nilai Sila II Pancasila Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Moraland Civic Education. Volume 1, Nomor 1.

Abdulkadir Muhammad, (1987). Ilmu Budaya Dasar (IBD). Jakarta: Fajar Agung.

Ali, Murtopo. (1978). Strategi Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Proklamasi.

Darmadi, Hamid, (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

an Hudaniah. (2003). Psikologi sosial. Malang : UMM Pres.

Depertemen Pendidikan Nasional. (2008), Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, R. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol 3, No. 1. 80-81.

Sirajudin, (2013), Interpretasi Pancasila Dan Islam Untuk Etika Profesi Akuntan Indonesia, Jurnal Akuntansi Multiparadigma 4, No. 3 456–466.

Sitorus, J.H.E, (2015). “Membawa Pancasila Dalam Suatu Definisi Akuntansi†Jurnal Akuntansi Multipa Paradigm 6, No 2: 175-340.

Kalean. (2004), pendidikan pancasila, Yogyakarta : Pradigma.

Mardalis, (2002). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Munir dkk. (2015). Pendidikan Pancasila. Malang: Madani Media.

MPR RI. (2015). Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Jakarta: Sekjen MPR RI

Naim Ngainun. (2012). Character Building Optimalisasi peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Nuraeni, Heny Gustini dan Alfan, Muhammad, (2012). Studi Budaya di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nurjanah.H.(2015). “Penanaman Nilai Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab dalam Kegiatan Berorganisasi di Sekolah ( Studi Kasus pada Anggota Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sine Kabupaten Ngawi).â€Artikel Publikasi PPKn. Surakarta: UNIV. Muhamadiyah Surakarta.

Pasaribu P. Y dan Briando, B (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyusunan Kode Etik Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) JIKH Vol. 13 No. 2. 245-264

Pitoyo, dkk, (2012). Pancasila Dasar Negara, Yogyakarta: PSP Press.

Rube’i, M. A. (2018). Penanaman Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Toho Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 2, Nomor 1. 309-318.

Taniredja, dkk (2014). Kedudukan dan Fungsi Pancasila Bagi Bangsa dan Negara Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Zuldafrial, (2011). Pendekatan Penelitian Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak: Pustaka Abuya.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Rohani, R., & Novianty, F. (2020). PENANAMAN SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 149–157. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2124

Issue

Section

Artikel Penelitian