PENANAMAN SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn IKIP PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2124Keywords:
Kemanusiaan, Adil dan BeradabAbstract
Penelitin ini mengkaji dan mendeskripsikan penanaman nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab oleh dosen PPKn.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PPKn angkatan 2018/2019 dan dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya toleransi dan saling menghormati antar mahasiswa yang berbeda-beda suku, agama, dan budaya . Implementasi nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab pada mahsiswa program studi PPKn sudah baik hal ini dilihat dari mahasiswa sudah saling menghormati antar mahasiswa dan dosen, tidak saling menjelekkan suku atau agama, dosen dalam proses perkuliahan juga tidak membeda-bedakan antar mahasiswa yang kaya dan miskin, saling menghargai, dan toleransi. Peran dosen program studi PPKn dalam menanamkan nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab yaitu dengan memberikan pemahaman kepada mahasiswa pentingnya saling menghormati, tolong menolong, menghargai antar sesama mahasiswa, memberikan contoh yang baik dalam mengimplemtasikan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, dan membudayakan nilai-nilai Pancasila dalam proses perkuliahan. Faktor-faktor yang menjadi penghambat bagi dosen dalam menanamkan nilai sila kemanusian yang adil dan beradab yaitu dari dalam diri mahasiswa, dosen  maupun  dari  luar  lingkungan  kampus
Downloads
References
Abduh, M dan Tukiran, (2017). Penanaman Nilai-Nilai Sila II Pancasila Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Moraland Civic Education. Volume 1, Nomor 1.
Abdulkadir Muhammad, (1987). Ilmu Budaya Dasar (IBD). Jakarta: Fajar Agung.
Ali, Murtopo. (1978). Strategi Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Proklamasi.
Darmadi, Hamid, (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
an Hudaniah. (2003). Psikologi sosial. Malang : UMM Pres.
Depertemen Pendidikan Nasional. (2008), Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Hadi, R. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol 3, No. 1. 80-81.
Sirajudin, (2013), Interpretasi Pancasila Dan Islam Untuk Etika Profesi Akuntan Indonesia, Jurnal Akuntansi Multiparadigma 4, No. 3 456–466.
Sitorus, J.H.E, (2015). “Membawa Pancasila Dalam Suatu Definisi Akuntansi†Jurnal Akuntansi Multipa Paradigm 6, No 2: 175-340.
Kalean. (2004), pendidikan pancasila, Yogyakarta : Pradigma.
Mardalis, (2002). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Munir dkk. (2015). Pendidikan Pancasila. Malang: Madani Media.
MPR RI. (2015). Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Jakarta: Sekjen MPR RI
Naim Ngainun. (2012). Character Building Optimalisasi peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Nuraeni, Heny Gustini dan Alfan, Muhammad, (2012). Studi Budaya di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.
Nurjanah.H.(2015). “Penanaman Nilai Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab dalam Kegiatan Berorganisasi di Sekolah ( Studi Kasus pada Anggota Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sine Kabupaten Ngawi).â€Artikel Publikasi PPKn. Surakarta: UNIV. Muhamadiyah Surakarta.
Pasaribu P. Y dan Briando, B (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyusunan Kode Etik Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) JIKH Vol. 13 No. 2. 245-264
Pitoyo, dkk, (2012). Pancasila Dasar Negara, Yogyakarta: PSP Press.
Rube’i, M. A. (2018). Penanaman Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Toho Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 2, Nomor 1. 309-318.
Taniredja, dkk (2014). Kedudukan dan Fungsi Pancasila Bagi Bangsa dan Negara Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Zuldafrial, (2011). Pendekatan Penelitian Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak: Pustaka Abuya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rohani Rohani, Fety Novianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.