PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYUSUN ORGANISASI KELAS DI SMP NEGERI 1 JELIMPO KABUPATEN LANDAK

Authors

  • Dada Suhaida IKIP PGRI PONTIANAK
  • Moad Moad IKIP PGRI Pontianak
  • Lindasari Lindasari PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2129

Keywords:

Karakter Demokratis, Organisasi Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai; Peran guru PPKn dalam Menanamkan Karakter Demokratis Kepada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo Kabupaten Landak Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan deskriptif, dengan sumber data penelitian 5 orang siswa dan 1 orang guru PPKn. Alat pengumpul data yang digunakan berupa Teknik observasi dengan alat panduan observasi, Teknik komunikasi langsung dengan alat panduan wawancara, dan tenik studi dokumentasi dan alat dokumentasi. Analisis dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verfikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bawah secara umum peran guru PPKn sudah cukup aktif dalam menanamkan karakter demokratis pada siswa kelas VII dalam kegiatan penyusunan organisasi kelas. Hasil penelitian secara khusus menunjukkan; peran guru dalam menanamkan karakter demokratis kepada siswa yakni; memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengemukakan pendapat, memberikan pemahaman kepada siswa mengenai perbedaan, memberikan pemahaman kepada siswa mengenai demokrasi; dan siswa juga diberikan kesempatan kepada siswa untuk berpatisipasi aktif dalam penyusunan organisasi kelas, menjadi penyelenggara demokrasi dalam kegiatan penyusunan organisasi kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dada Suhaida, IKIP PGRI PONTIANAK

PRODI PPKn

Moad Moad, IKIP PGRI Pontianak

PRODI PPKN

Lindasari Lindasari, PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANK

PRODI PPKN

References

Azzet, A.M. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogjakarta: AR-Ruz Media.

Budiardjo, M. (2005). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Danim & Kahiril (2013). Profesi Kependidikan. Bandung; Alfabeta

Cholisin. (2013) Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogjakarta: Ombak

Faturahman, dkk. (2013) Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Moleong, (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Satori & Komariah. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan

Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Winarno. (2015). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Sinar Grafika

Winataputra, S. U. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press

Yaumi. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta; Prenadamedia Group.

Zuldafrial. (2004). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Jurnal

Asiatik Afrik Rozana, Abdul Hamid Wahid dan Chusnul Muali. (2017) Smart Parenting Demokrasi Dalam Membangun Karakter Anak. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal. [diacces 15 Oktober 2020]

Moh. Wahyu Kurniawan dan Adi Slamet Kusumawardana, (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. http://ejournal.unsri.ac.id/jbt/article. [diacces 15 Oktober 2020]

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Suhaida, D., Moad, M., & Lindasari, L. (2020). PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYUSUN ORGANISASI KELAS DI SMP NEGERI 1 JELIMPO KABUPATEN LANDAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 167–178. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2129

Issue

Section

Artikel Penelitian