PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYUSUN ORGANISASI KELAS DI SMP NEGERI 1 JELIMPO KABUPATEN LANDAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2129Keywords:
Karakter Demokratis, Organisasi KelasAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai; Peran guru PPKn dalam Menanamkan Karakter Demokratis Kepada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo Kabupaten Landak Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan deskriptif, dengan sumber data penelitian 5 orang siswa dan 1 orang guru PPKn. Alat pengumpul data yang digunakan berupa Teknik observasi dengan alat panduan observasi, Teknik komunikasi langsung dengan alat panduan wawancara, dan tenik studi dokumentasi dan alat dokumentasi. Analisis dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verfikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bawah secara umum peran guru PPKn sudah cukup aktif dalam menanamkan karakter demokratis pada siswa kelas VII dalam kegiatan penyusunan organisasi kelas. Hasil penelitian secara khusus menunjukkan; peran guru dalam menanamkan karakter demokratis kepada siswa yakni; memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengemukakan pendapat, memberikan pemahaman kepada siswa mengenai perbedaan, memberikan pemahaman kepada siswa mengenai demokrasi; dan siswa juga diberikan kesempatan kepada siswa untuk berpatisipasi aktif dalam penyusunan organisasi kelas, menjadi penyelenggara demokrasi dalam kegiatan penyusunan organisasi kelas.
Downloads
References
Azzet, A.M. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogjakarta: AR-Ruz Media.
Budiardjo, M. (2005). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Danim & Kahiril (2013). Profesi Kependidikan. Bandung; Alfabeta
Cholisin. (2013) Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogjakarta: Ombak
Faturahman, dkk. (2013) Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Moleong, (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya Offset
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Satori & Komariah. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan
Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.
Winarno. (2015). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Sinar Grafika
Winataputra, S. U. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press
Yaumi. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta; Prenadamedia Group.
Zuldafrial. (2004). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka
Jurnal
Asiatik Afrik Rozana, Abdul Hamid Wahid dan Chusnul Muali. (2017) Smart Parenting Demokrasi Dalam Membangun Karakter Anak. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal. [diacces 15 Oktober 2020]
Moh. Wahyu Kurniawan dan Adi Slamet Kusumawardana, (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. http://ejournal.unsri.ac.id/jbt/article. [diacces 15 Oktober 2020]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dada Suhaida, Moad Moad, Lindasari Lindasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.