PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYUSUN ORGANISASI KELAS DI SMP NEGERI 1 JELIMPO KABUPATEN LANDAK

Dada Suhaida, Moad Moad, Lindasari Lindasari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai; Peran guru PPKn dalam Menanamkan Karakter Demokratis Kepada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo Kabupaten Landak Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan deskriptif, dengan sumber data penelitian 5 orang siswa dan 1 orang guru PPKn. Alat pengumpul data yang digunakan berupa Teknik observasi dengan alat panduan observasi, Teknik komunikasi langsung dengan alat panduan wawancara, dan tenik studi dokumentasi dan alat dokumentasi. Analisis dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verfikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bawah secara umum peran guru PPKn sudah cukup aktif dalam menanamkan karakter demokratis pada siswa kelas VII dalam kegiatan penyusunan organisasi kelas. Hasil penelitian secara khusus menunjukkan; peran guru dalam menanamkan karakter demokratis kepada siswa yakni; memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengemukakan pendapat, memberikan pemahaman kepada siswa mengenai perbedaan, memberikan pemahaman kepada siswa mengenai demokrasi; dan siswa juga diberikan kesempatan kepada siswa untuk berpatisipasi aktif dalam penyusunan organisasi kelas, menjadi penyelenggara demokrasi dalam kegiatan penyusunan organisasi kelas.


Keywords


Karakter Demokratis, Organisasi Kelas

Full Text:

Download Pdf

References


Azzet, A.M. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogjakarta: AR-Ruz Media.

Budiardjo, M. (2005). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Danim & Kahiril (2013). Profesi Kependidikan. Bandung; Alfabeta

Cholisin. (2013) Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogjakarta: Ombak

Faturahman, dkk. (2013) Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Moleong, (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Satori & Komariah. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan

Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Winarno. (2015). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Sinar Grafika

Winataputra, S. U. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press

Yaumi. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta; Prenadamedia Group.

Zuldafrial. (2004). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Jurnal

Asiatik Afrik Rozana, Abdul Hamid Wahid dan Chusnul Muali. (2017) Smart Parenting Demokrasi Dalam Membangun Karakter Anak. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal. [diacces 15 Oktober 2020]

Moh. Wahyu Kurniawan dan Adi Slamet Kusumawardana, (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. http://ejournal.unsri.ac.id/jbt/article. [diacces 15 Oktober 2020]




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2129

Article Metrics

Abstract view : 94 times
Download Pdf - 19 times

Article Metrics

Abstract view : 94 times
Download Pdf - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Da Aida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats