ANALISIS PEMAHAMAN DAN PEMBINAAN NORMA SOPAN SANTUN MELALUI PKN PADA ANAK SEKOLAH GBI SUKMA MEDAN

Authors

  • Rizky Agassy Sihombing State University of Medan
  • Jennie Febrina Hutagalung State University of Medan
  • Pristi Suhendro Lukitoyo State University of Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2163

Keywords:

PKn, Pembinaan, Norma Sopan Santun

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman dan pembinaan yang cocok dilaksanakan dalam norma sopan santun melalui pembelajaran PKn pada anak sekolah minggu GBI Sukma Medan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunaan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Obyek penelitian ini adalah kegiatan pembinaan norma sopan santun dalam pembelajaran PKn melalui teknik bercerita. Populasi penelitian adalah seluruh anak-anak sekolah minggu GBI Sukma Medan yang terdiri dari kelas III-VI. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan bantuan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh dari analisis data yang ditemukan bahwa anak-anak sekolah minggu GBI Sukma Medan kurang memahami konsep norma sopan santun serta penerapan nilai norma sopan santun dalam kehidupan sehari-hari melalui pembelajaran PKn yang telah mereka pelajari sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizky Agassy Sihombing, State University of Medan

Departement of Biology, Study Program Natural Science Education, Faculty of Mathematics and Natural Science

Jennie Febrina Hutagalung, State University of Medan

Departement of Biology, Study Program Natural Science Education, Faculty of Mathematics and Natural Science

Pristi Suhendro Lukitoyo, State University of Medan

Departement of Historical Education, Faculty of Social Science

References

Adian, Donny. (2005). Percik Pemikiran Kontemporer: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Ainah., Sarbini., Rabiatul, A. (2016). Strategi guru PKn Menanamkan karakter sopan santun dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(11), 875-881.

Angelina, D. Y. (2013). Pola asuh otoriter, kontrol diri dan perilaku seks bebas remaja SMK. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).

Bambang, P., & Lina, M. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bertens, K (2007). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chazawi, A. (2007). Tindak Pidana Kesopanan. Jakarta : Rajawali Pers.

Cheung, N. W. T., & Cheung, Y. W. (2008). Self-control, social factors, and delinquency. A test of the general of crime among adolescents in Hong Kong. Journal of Youth and Adolescence, 37(4), 412-430.

Cholid, N., & Abu, A. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, & Suyatri Darmiyatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Ilahi, Mohammad Takdir. (2014). Peran Pendidikan Untuk Mengukuhkan Nasionalisme Dan Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 36 (76), 41-46.

Inrawati Paramata. (2015). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Sikap Sopan Santun Pada Anak Usia Dini Di Paud Muara Tenang Desa Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

M. Asrori. (2015). Perkembangan Peserta Didik; Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Yogyakarta: Media Akademi.

Marzuki., & Fatma A.S. (2015). Teaching With Heart at the Green School in Era of Information Technology. Proceeding International Conference: Tuesday : May 12th 2015.

Muchlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Roshita. (2015). Upaya Meningkatkan perilaku sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosidrama. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 1(2), 29-35.

Qiqi dan Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai; Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Siti, S., Nihayatul, W. (2013). Filsafat, Etika, dan Kearifan Lokal. Geneva: Globethics. Net

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunu, D. A., Ujiningsih. (2010). Pembudidayaan Sikap Sopan dan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Temu Ilmiah Nasional: Universitas Terbuka.

Winataputra, U.S. (2014). Diskursus Aktual Tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bahan Diskusi dalam Semnas PKn-AP3KnI.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuriah, N., & Yustianti, F. (2007). Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan: menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontekstual dan futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Sihombing, R. A., Hutagalung, J. F., & Lukitoyo, P. S. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN DAN PEMBINAAN NORMA SOPAN SANTUN MELALUI PKN PADA ANAK SEKOLAH GBI SUKMA MEDAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 200–213. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2163

Issue

Section

Artikel Penelitian