ANALISIS PEMAHAMAN DAN PEMBINAAN NORMA SOPAN SANTUN MELALUI PKN PADA ANAK SEKOLAH GBI SUKMA MEDAN

Rizky Agassy Sihombing, Jennie Febrina Hutagalung, Pristi Suhendro Lukitoyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman dan pembinaan yang cocok dilaksanakan dalam norma sopan santun melalui pembelajaran PKn pada anak sekolah minggu GBI Sukma Medan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunaan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Obyek penelitian ini adalah kegiatan pembinaan norma sopan santun dalam pembelajaran PKn melalui teknik bercerita. Populasi penelitian adalah seluruh anak-anak sekolah minggu GBI Sukma Medan yang terdiri dari kelas III-VI. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan bantuan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh dari analisis data yang ditemukan bahwa anak-anak sekolah minggu GBI Sukma Medan kurang memahami konsep norma sopan santun serta penerapan nilai norma sopan santun dalam kehidupan sehari-hari melalui pembelajaran PKn yang telah mereka pelajari sebelumnya.


Keywords


PKn, Pembinaan, Norma Sopan Santun

Full Text:

Download Pdf

References


Adian, Donny. (2005). Percik Pemikiran Kontemporer: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Ainah., Sarbini., Rabiatul, A. (2016). Strategi guru PKn Menanamkan karakter sopan santun dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(11), 875-881.

Angelina, D. Y. (2013). Pola asuh otoriter, kontrol diri dan perilaku seks bebas remaja SMK. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).

Bambang, P., & Lina, M. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bertens, K (2007). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chazawi, A. (2007). Tindak Pidana Kesopanan. Jakarta : Rajawali Pers.

Cheung, N. W. T., & Cheung, Y. W. (2008). Self-control, social factors, and delinquency. A test of the general of crime among adolescents in Hong Kong. Journal of Youth and Adolescence, 37(4), 412-430.

Cholid, N., & Abu, A. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, & Suyatri Darmiyatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Ilahi, Mohammad Takdir. (2014). Peran Pendidikan Untuk Mengukuhkan Nasionalisme Dan Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 36 (76), 41-46.

Inrawati Paramata. (2015). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Sikap Sopan Santun Pada Anak Usia Dini Di Paud Muara Tenang Desa Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

M. Asrori. (2015). Perkembangan Peserta Didik; Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Yogyakarta: Media Akademi.

Marzuki., & Fatma A.S. (2015). Teaching With Heart at the Green School in Era of Information Technology. Proceeding International Conference: Tuesday : May 12th 2015.

Muchlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Roshita. (2015). Upaya Meningkatkan perilaku sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosidrama. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 1(2), 29-35.

Qiqi dan Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai; Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Siti, S., Nihayatul, W. (2013). Filsafat, Etika, dan Kearifan Lokal. Geneva: Globethics. Net

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunu, D. A., Ujiningsih. (2010). Pembudidayaan Sikap Sopan dan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Temu Ilmiah Nasional: Universitas Terbuka.

Winataputra, U.S. (2014). Diskursus Aktual Tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bahan Diskusi dalam Semnas PKn-AP3KnI.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuriah, N., & Yustianti, F. (2007). Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan: menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontekstual dan futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2163

Article Metrics

Abstract view : 239 times
Download Pdf - 19 times

Article Metrics

Abstract view : 239 times
Download Pdf - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rizky Agassy Sihombing, Jennie Febrina Hutagalung, Pristi Suhendro Lukitoyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats