IMPLEMENTASI BUDAYA DEMOKRASI UNTUK MEMBENTUK CIVIC DISPOSITION PADA HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN IKIP-PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v1i2.615Keywords:
Budaya Demokrasi, Civic Disposition (Watak Kewarganegaraan), HIMA PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Implementasi Budaya Demokrasi Untuk Membentuk Civic Disposition (Watak Kewarganegaraan) Pada Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HIMA PPKn) IKIP-PGRI Pontianak. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya demokrasi yang dilaksanakan oleh HIMA PPKn IKIP-PGRI Pontianak selama ini sudah mencerminkan nilai-nilai demokrasi yaitu: memiliki kepribadian demokratis, memberikan kebebasan mengemukakan pendapat, memiliki tanggung jawab, memiliki sikap toleransi, memiliki rasa nasionalisme, dan memiliki kebersamaan. Apabila nilai-nilai budaya demokrasi dilaksanakan dengan baik, maka akan berpengaruh terhadap pembentukan watak kewarganegaraan (Civic Disposition) pada mahasiswa.Â
Downloads
References
Affandi, Idrus (2011). Pendidikan Politik Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia dan Penerbit Mutiara Press
Cholisin (2013) Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Yogyakarta: Ombak
Darmadi, Hamid (2012). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Fuady, Munir (2010). Konsep Negara Demokrasi. Bandung: PT Refika Aditama
Gatara, Sahid (2009). Ilmu Politik Memahami dan Menerapkan. Bandung: Pustaka Setia
Moleong. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset
Mufti, dan Naafisah, (2013), Teori-Teori Demokrasi. Bandung; Pustaka Setia
Rozak, A. Dan Ubaedillah (2003), Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana
Soedarsono, S. (2002), Character Building (membentuk watak): Mengubah Pemikiran, Sikap, dan perilaku Untuk membentuk Pribadi Efektif Guna Mencapai Sukses Sejati. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Sugiyono (2012), Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Winaputra, S. udin (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press
Winarno, (2015), Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Sinar Grafika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Anwar Rube'i, Andi Ridwansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.