PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DALAMMATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Muhammad Anwar Rube'i IKIP PGRI PONTIANAK
  • Dada Suhaida IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2246

Keywords:

Penanaman, Nilai Demokrasi, Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana upaya menanamkan nilai demokrasi pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan pada mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah panduan wawancara, panduan observasi dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman  nilai-nilai demokrasi pada mahasiswa PPKn IKIP-PGRI Pontianak dilakukan melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan dan metode pembelajaran yang demokratis. nilai-nilai demokrasi yang ditanamkan adalah memberikan kebebasan mengemukakan pendapat, kebebasan berkelompok, sikap saling menghormati dan menghargai orang lain, sikap tanggung jawab, dan sikap toleransi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Anwar Rube'i, IKIP PGRI PONTIANAK

Dosen Pendidikan Kewarganegaraan IKIP PGRI Pontianak

Dada Suhaida, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

References

Budimansyah, Dasim & Suryadi, Karim. (2008). PKN dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Prodi PKn SPs UPI.

Cristopel &Sodiq (2016). Pemahaman Nilai Demokrasi Melalui Metode Inquiri Pada Pembelajaran PKn di kelas XA SMA Negeri 1 Gamping Sleman. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN:2460-7916.https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/download/9697/8506

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Falah. Iwan, Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Dalam Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4:104-117.

Kesuma, D., &dkk.(2009). KorupsidanPendidikan Anti Korupsi. Bandung: PustakaAulia Press.

Khairuddin (2019). Profesionalisme Dosen Dalam Metode Diskusi Pada Pembelajaran. JurnalPendidikan EDUKASI. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/832

Ririn & Basit, Abdul (2019). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Di Kelas VII SMP Islam Abd Wahid Pajarakan Kulon Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan, & Sosial (Publicio), Vol. 1, No. 2, Juli 2019. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/public/article/download/467/50/

Suyono dan Hariyanto. (2011).Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2005 UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wayan Gede (2015). Nilai-nilai dan Parameter Demokrasi dalam Kehidupan Masyarakat Bali. JURNAL KAJIAN BALI Volume 05, Nomor 01, April 2015. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/download/15727/10510/

Wahana. Paulus. (2005). Filsafat Pancasial. Yogyakarta: Kanisisus.

Winataputra. (2001). Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Disertasi Doktor pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: tidak diterbitkan

Yuniarto, Bambang. (2018). Pendidikan Demokrasi dan Budaya Demokrasi Konstitusional. Deepublish: Yogyakarta.

Zuriah, Nurul. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Rube’i, M. A., & Suhaida, D. (2021). PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DALAMMATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 97–108. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2246

Issue

Section

Artikel Penelitian