ANALISIS PARTISIPASI POLITIK WARGA NEGARA DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DESA (PILKADES) DI DESA RENGAS KAPUAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Fety Novianty IKIP PGRI Pontianak
  • Zuldafrial Zuldafrial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.2253

Keywords:

Partisipasi Politik, Pilkades

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Partisipasi Politik Warga Negara dalam Pemilihan Umum Kepala Desa di Desa Rengas Kapuas kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Raya ini bertujuan untuk mengetahui  kesadaran politik masyarakat serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung kesadaran politik masayarakat desa tersebut dalam pemilihan kepala desa (pilkades). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuknya studi deskriptif analitis. Lokasi penelitian di daerah Desa Rengas Kapuas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya dengan subyek penelitian nya terdiri dari masyarakat serta apparatus desa setempat. Tekik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan Teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan seperti panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum kepala desa di desa rengas Kapuas kecamatan sungai kakap sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari munculnya kesadaran masyarakat dalam mengikuti pemilihan serta banyaknya factor yang mendukung dalam kegiatan pilkades tersebut seperti terbentuknya antusiasme masyarakat dalam kegiatan pilkades, peran media massa serta kinerja KPUD yang ikut menunjang dalam pelaksanaan kegiatan Pilkades di desa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fety Novianty, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKn

Zuldafrial Zuldafrial, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKn

References

Azhary, Tahir. 2003. Negara Hukum. Cetakan II. Jakarta: Prenada Media

Bari, Abdul. 2005. Pemilu & Partai Politik Di Indonesia. Jakarta: Pusat Studi Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Budiarjo, Miriam. 1977. Dasar-Dasar ilmu Politik. Jakarta: P.T. Gramedia

_____________. 1996. Demokrasi Di Indonesia, Demokrasi Parlementer, dan Demokrasi Pancasila. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Utama.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Des

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaukani, Imam. 2004. Dasar-Dasar Politik Hukum. Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Yamin. 1982. Proklamasi & Konstitusi Indonesia. Jakarta: Galilia.

Zuldafrial, (2011). Pendekatan Penelitian Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak: Pustaka Abuya.

Jurnal

Mayayuliantina. (2016) Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap PartisipasiPolitik dalam pemilihan Kepala Desa Di Desaa Hajimena Kecamatan Natar KabupatenLampung Selatan.

Irayuleni. (2016) EvaluasiPelaksanaan Pemilihan Kepala DesaPeriode 2015-2020 (Studi Kasus Desa Papan Rejo Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara).

Dian yuliani sugiaryo,(2016) hubungan kesadaran politik dan civic disposition dengan partisipasi politik pemilih pemula dalam pilkades didesa kloran,kecamatan colomadu,kabupaten karangan tahun 2016 .

Adisucipto (2014) Budaya politikl okal dan partisipasi politik masyarakat didesa sumbersari kecamatan sebulu dalam pelaksanaan pemilihan umum legislatif tahun2014.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Novianty, F., & Zuldafrial, Z. (2021). ANALISIS PARTISIPASI POLITIK WARGA NEGARA DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DESA (PILKADES) DI DESA RENGAS KAPUAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 170–178. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.2253

Issue

Section

Artikel Penelitian