PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI WUJUD PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA PELAJARAN PPKN SMA SANTO BENEDIKTUS PAHAUMAN KABUPATEN LANDAK

Friska Rona Firda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi wujud pendidikan karakter gemar membaca pada pelajaran PPKn SMA Santo Benediktus Pahauman Kabupaten Landak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif  dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Pengelola Perpustakaan, Guru PPKn, dan Siswa SMA Santo Benediktus Pahauman. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi wujud pendidikan karakter gemar membaca pada pelajaran PPKn SMA Santo Benediktus Pahauman Kabupaten Landak sudah berjalan dengan baik yang dilaksanakan sejak tahun 2016 hingga sekarang, namun sejak pandemi covid 19 kegiatan belajar mengajar diadakan secara daring dan luring, sehingga siswa melaksanakan kegiatan literasi dirumah saat belajar online dan himbauan dari Guru khususnya mata pelajaran PPKn untuk tetap membaca buku dirumah yang bisa dipinjam dari perpustakaan sekolah.

Keywords


Gerakan Literasi, Pendidikan Karakter Gemar Membaca, Pelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, Faridah. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR-RI, Vol 3 no 1

Bakry. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Fanani, M. Anas. (2017). Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Trimurjo Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Mamonto, S. 2016. Evaluasi Program Bantuan Dana Operasional Sekolah pada Sekolah Dasar Nurul Huda Ii Yapis Jayapura. JIAP: Journal of Administration Science and Governmental Science, 1 (1), 1– 15.

Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nawawi, Hadari. (2007). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Siswoyo. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakata: UNY PRES

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2258

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 1 times

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Friska Rona Firda, Ahmad Jamalong,

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats