PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI WUJUD PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA PELAJARAN PPKN SMA SANTO BENEDIKTUS PAHAUMAN KABUPATEN LANDAK

Authors

  • Friska Rona Firda IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2258

Keywords:

Gerakan Literasi, Pendidikan Karakter Gemar Membaca, Pelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi wujud pendidikan karakter gemar membaca pada pelajaran PPKn SMA Santo Benediktus Pahauman Kabupaten Landak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif  dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Pengelola Perpustakaan, Guru PPKn, dan Siswa SMA Santo Benediktus Pahauman. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi wujud pendidikan karakter gemar membaca pada pelajaran PPKn SMA Santo Benediktus Pahauman Kabupaten Landak sudah berjalan dengan baik yang dilaksanakan sejak tahun 2016 hingga sekarang, namun sejak pandemi covid 19 kegiatan belajar mengajar diadakan secara daring dan luring, sehingga siswa melaksanakan kegiatan literasi dirumah saat belajar online dan himbauan dari Guru khususnya mata pelajaran PPKn untuk tetap membaca buku dirumah yang bisa dipinjam dari perpustakaan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, Faridah. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR-RI, Vol 3 no 1

Bakry. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Fanani, M. Anas. (2017). Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Trimurjo Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Mamonto, S. 2016. Evaluasi Program Bantuan Dana Operasional Sekolah pada Sekolah Dasar Nurul Huda Ii Yapis Jayapura. JIAP: Journal of Administration Science and Governmental Science, 1 (1), 1– 15.

Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nawawi, Hadari. (2007). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Siswoyo. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakata: UNY PRES

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Firda, F. R. (2021). PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI WUJUD PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA PELAJARAN PPKN SMA SANTO BENEDIKTUS PAHAUMAN KABUPATEN LANDAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 51–63. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2258

Issue

Section

Artikel Penelitian