IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2321Keywords:
Metode, Pembelajaran, TeknologiAbstract
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang sering kali memiliki kendala dalam mengembangkan media dan teknologi
pembelajaran. Tujuan dari media pembelajaran berbasis teknologi pada Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah saat ini yaitu bisa membantu dalam memotivasi belajar peserta didik, bahan pembelajaran semakin lebih jelas, metode belajar lebih bervariasi, serta siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan membandingkan data-data yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini ialah guru dapat melakukan berbagai metode dari metode pembelajaran berbasis teknologi yang bagus dan menarik, sehingga mudah dipahami oleh siswa, serta proses belajar mengajar menjadi tidak monoton.
Downloads
References
Ahmadi, F., Sutaryono, S., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi "Multi Indonesia Culture"(MIC) sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 34 No. 2, 127-136.
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. CIVIC-CULTURE: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, Vol. 2 No. 2, 88-100.
Idrus, A. (2009). Manajemen Pendidikan Global. Jakarta: GP. Press.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sejati, N. D. (2011). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada SMP Negeri 5 Semarang. Semarang: Skripsi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, 30-41.
Yamin, M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP. Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Neng Hikmah Salsabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.