IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Neng Hikmah Salsabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2321

Keywords:

Metode, Pembelajaran, Teknologi

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang sering kali memiliki kendala dalam mengembangkan media dan teknologi
pembelajaran. Tujuan dari media pembelajaran berbasis teknologi pada Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah saat ini yaitu bisa membantu dalam memotivasi belajar peserta didik, bahan pembelajaran semakin lebih jelas,  metode belajar lebih bervariasi, serta siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan membandingkan data-data yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini ialah guru dapat melakukan berbagai metode dari metode pembelajaran berbasis teknologi yang bagus dan menarik, sehingga mudah dipahami oleh siswa, serta proses belajar mengajar menjadi tidak monoton.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Neng Hikmah Salsabila, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

References

Ahmadi, F., Sutaryono, S., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi "Multi Indonesia Culture"(MIC) sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 34 No. 2, 127-136.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. CIVIC-CULTURE: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, Vol. 2 No. 2, 88-100.

Idrus, A. (2009). Manajemen Pendidikan Global. Jakarta: GP. Press.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sejati, N. D. (2011). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada SMP Negeri 5 Semarang. Semarang: Skripsi Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, 30-41.

Yamin, M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP. Press.

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Salsabila, N. H. (2021). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 44–50. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2321

Issue

Section

Artikel Penelitian