MENGEMBANGKAN AFEKSI SPIRITUAL SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn

Authors

  • Nani Nur’aeni Universitas Islam Nusantara
  • Edi Kusnadi Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.745

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Sikap Spiritual, Sikap Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali kompetensi pedagogik guru PPKn dalam mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial serta dampaknya terhadap peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Sumedang dan SMAN 1 Baleendah Bandung, diperoleh gambaran bahwa secara normatif guru PPKn mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran pengetahuan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran. Dampak implementasi pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik, menunjukkan kecenderungan yang “baik†(76 % untuk sikap spiritual dan 78 % untuk sikap sosial). Optimalisasi implementasi, dipengaruhi oleh faktor gaya mengajar guru, wawasan guru dalam mengidentifikasi isi nilai spiritual/agama, pendekatan dan strategi pembelajaran; bentuk pengkondisian kegiatan pembelajaran; efektifitas pemanfaatan waktu belajar, kondisi latar lingkungan sosial budaya peserta didik; relatifitas jumlah rombongan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nani Nur’aeni, Universitas Islam Nusantara

Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara

Edi Kusnadi, Universitas Islam Nusantara

Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara

References

Azwar, Saifudin, 1998. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Branson, S. Margaret. 1998. The Role of Civic Education A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network, diakses di http://civiced.org/ papers/articles_role.html

Budimansyah, Dasim; Bestari, Prayoga, (ed). 2011. Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Karakter Warga Negara. Bandung: Widya Aksara Press.

Daryono, M. 2011. Pengantar Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, Daniel. 2007.Kecerdasan Emosional.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hakiim, Lukmanul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Lickona, Thomas. 1991., Educating for Character: How our Schools Can Teach Respect and Responsibility, terjemah Juma Abdu Wamaungo, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Majid, Abdul dan Firdaus Aep S. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Interes

Moleong, Lexy J .2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual (Cetakan Pertama). Semarang: Rasail Media Group

Muijs, Daniel & David Reynolds, 2008. Effective Teaching, Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Downloads

Published

2018-06-02

How to Cite

Nur’aeni, N., & Kusnadi, E. (2018). MENGEMBANGKAN AFEKSI SPIRITUAL SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.745

Issue

Section

Artikel Penelitian