Urgensi Merdeka Belajar : Tanggapan Mahasiswa Program Studi PGSD UPI Cibiru Terhadap Kebijakan Kampus Mengajar

Authors

  • Euis Nur Amanah Asdiniah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2573

Keywords:

Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, Kampus Mengajar, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kebijakan yang baru saja dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Bapak Nadhiem Makarim tentang adanya Kampus Mengajar untuk membangun sebuah merdeka belajar yang akan dilakukan oleh para Mahasiswa program studi PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru . Metode penelitian yang akan digunakan yaitu dengan cara pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan angket. Informan penelitian yaitu para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia prodi PGSD dengan teknik pengumpulan data berupa angketatau kuisioner yang akan diisi oleh para mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa para mahasiswa prodi PGSD UPI Kampus Cibiru setuju dengan adanya kebijakan Kampus Mengajar ini karena membuat para mahasiswa akan mendapatkan sebuah pembekalan dan pengalaman sebelum memasuki dunia kerja. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Euis Nur Amanah Asdiniah, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

References

Kemdikbud. (2020). Merdeka Belajar.Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–19.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.

Savitri, D. I. (2020). Peran Guru Sd Di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 Dan Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2, 274–279.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Widoyono,A., Irfana,S., Firdausia,K. (2020). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara. Vol 16 No.2. 103-104.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161.

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2020). Kampus Mengajar Perintis.

Nanggala,A., Suryadi,K. (2021). Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Serta Perdebatan Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Vs Robert M. Hutchins. UPI: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 485.

Nanggala, A. & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen. 9(2). 10-23.

Elihami, E. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam

meningkatkan Higher Of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 79-86.

Irsalina,D. (2020). Peran Guru SD Di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Universitas Borneo Tarakan. 276.

Suntoro,R., Widoro,R. (2020). Internalisasi Nilai Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 155-157.

Alaina,Z. (2020). Pengembangan Diri di Tengah Pandemi, Melalui Program Kampus Mengajar. UNNES : Fakultas Ilmu Pendidikan.

Kemendikbud. (2021). Ditjen Dikti Apresiasi Antusiasme Mahasiswa yang Tinggi terhadap Kampus Mengajar.

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education. 1(1), 38–49.

Alfaiz, A, Yandri, H., Yuzarion, Y, Lestari, L.P.S, & Heriyani. E., (2019). Persepsi Agentik Individu untuk Mencapai Prestasi Pribadi dalam Aktivitas Karir : Riset Pendahuluan. Psychocentrum Review. Vol. 1 No. 2, p. 85-95.

lmanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em 1860.

Arifin, S., & Muslim, M. O. H.(2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka†pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI. 3(1).

Kartayana, K. (2020). Mengupas Kebijakan Kampus Merdeka ala Nadiem. Universitas PGRI Palembang. 2-3.

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Nur Amanah Asdiniah, E. (2021). Urgensi Merdeka Belajar : Tanggapan Mahasiswa Program Studi PGSD UPI Cibiru Terhadap Kebijakan Kampus Mengajar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 25–34. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2573

Issue

Section

Artikel Penelitian