PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI TIANG HAK ASASI MANUSIA

Authors

  • Acil Ridwan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.2577

Keywords:

hak asasi manusia, pendidikan kewargaanegaraan, manusia

Abstract

Hak Asasi Manusia adalah hak setiap individu yang harus dijaga dan dihormati oleh setiap orang. Di Indonesia, hak asasi masnusia dinyatakan secara eksplisit dalam UUD 1945. petunjuk ada sesuatu yang kurang dalam proses pemanusiaan manusia. Dalam proses perlindungan hak asasi manusia juga dipelukan pendidikan sebagai salah satu solusi diantaranya adalah melalui program Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literature yang akan menghasilkan data deskripsif. Hasil penelitian menunjukan pentingnya belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan pemahaman tentang hak asasi manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, Azumardi. 2003. Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum 2004 Standard Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudatul Athfal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan TK dan SD.

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, Dick. 1985. Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyarakat Madani. Yogyakarta: Kanisius.

Libriyanti, Y. 2019. Pemenuhan Hak Peserta Didik Melalui Aksesibilitas Pendidikan Agama. Widya Balina.

Nadziroh, N. 2016. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pilar Pendidikan Hak Asasi Manusia. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Nasution, E. 2016. Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi.

Nasution, A.R. 2016. Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia melalui Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.

Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. 2018. Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan Dasar di Indonesia. Trihayu.

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. 2013. Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Sabon, M.B. 2014. Hak Asasi Manusia Bahan Pendidikan Untuk Perguruan Tinggi. Universitas Atma Jaya.

Somantri, G. R. 2005. Memahami Metode Kualitatif. Makara Hubs-Asia.

Ubaedillah, A & Abdul R. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media.

UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Wilujeng, S. R. 2013. Hak Asasi Manusia: Tinjauan dari Aspek Historis Dan Yuridis. Humanik

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Ridwan, A., & Dewi, D. A. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI TIANG HAK ASASI MANUSIA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.2577

Issue

Section

Artikel Penelitian