PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI TIANG HAK ASASI MANUSIA

Acil Ridwan, Dinie Anggraeni Dewi

Abstract


Hak Asasi Manusia adalah hak setiap individu yang harus dijaga dan dihormati oleh setiap orang. Di Indonesia, hak asasi masnusia dinyatakan secara eksplisit dalam UUD 1945. petunjuk ada sesuatu yang kurang dalam proses pemanusiaan manusia. Dalam proses perlindungan hak asasi manusia juga dipelukan pendidikan sebagai salah satu solusi diantaranya adalah melalui program Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literature yang akan menghasilkan data deskripsif. Hasil penelitian menunjukan pentingnya belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan pemahaman tentang hak asasi manusia.

Keywords


hak asasi manusia, pendidikan kewargaanegaraan, manusia

Full Text:

PDF

References


Azra, Azumardi. 2003. Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum 2004 Standard Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudatul Athfal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan TK dan SD.

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, Dick. 1985. Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyarakat Madani. Yogyakarta: Kanisius.

Libriyanti, Y. 2019. Pemenuhan Hak Peserta Didik Melalui Aksesibilitas Pendidikan Agama. Widya Balina.

Nadziroh, N. 2016. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pilar Pendidikan Hak Asasi Manusia. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Nasution, E. 2016. Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi.

Nasution, A.R. 2016. Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia melalui Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.

Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. 2018. Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan Dasar di Indonesia. Trihayu.

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. 2013. Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Sabon, M.B. 2014. Hak Asasi Manusia Bahan Pendidikan Untuk Perguruan Tinggi. Universitas Atma Jaya.

Somantri, G. R. 2005. Memahami Metode Kualitatif. Makara Hubs-Asia.

Ubaedillah, A & Abdul R. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media.

UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Wilujeng, S. R. 2013. Hak Asasi Manusia: Tinjauan dari Aspek Historis Dan Yuridis. Humanik




DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.2577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Acil Ridwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats