PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASS PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN HAM DI PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

Moad Moad, Syafrial Nur

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang Penerapan Model Blended Learning  Dengan Pemanfaatan Google Class Pada Mata Kuliah Pendidikan HAM Di Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode Deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Blended Learning  Dengan Pemanfaatan Google Class Pada Mata Kuliah Pendidikan HAM Di Prodi PPKn IKIP PGRI. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model ini sudah di laksanakan dengan baik pemanfaatan google classroom juga sudah dilakukan dan di padukan dengan aplikasi whatsapp dan zoom meeting, mahasiswa juga memahami dalam menggunakan google classroom terkait dengan mata kuliah HAM tersampaikan dengan baik dan jelas di google classroom namun tidak dipungkiri faktor sinyal dari tempat tinggal mahasiswa menjadi kendala dalam pembelajaran online dan kuota merupakan hal penting juga dalam melaksanakan pembelajaran online ini.

Keywords


Blended Learning, Google Class, Hak Asasi Manusia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Azhari, Akyas (1996). Psikologi Pendidikan. Semarang: Toha Putra Group.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Alfa Beta

Djamarah, S. B dan Aswani (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Faturohman dan Sutikno (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.

Gay,L.R (1993). Educational Reseacrh Competencies for Analysis and Aplication 2nd Edition. Ohia: A Bell & Howell Company.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakara.

Jihad, A dan Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Jones,J.J (1996). Secondary School Administration. New York: Mc Graw Hill Book Company

Kohout, F.J (1994). Statistik for Social Scientist. New Jersey: A Willey Trans Edition.

Mulyasa, E (2007). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2578

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 1 times

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moad Moad, Syafrial Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats