PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA WARGA NEGARA INDONESIA MELALUI IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA

Authors

  • Ilma Siti Salamah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.2579

Keywords:

karakter bangsa, nilai-nilai pancasila, globalisasi

Abstract

Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Nilai yang terkandung didalam pancasila berkaitan dengan cara bertindak dan cara berpikir sesuai dengan ideologi negara. Terutama pada kehidupan bermasyarakat, nilai-nilai pancasila sudah seharusnya untuk diterapkan dengan baik agar kehidupan bermasyarakat dapat berjalan sesuai dengan nilai yang terkandung pada pancasila. Namun kini sudah banyak pengaruh-pengaruh negatif terhadap negara Indonesia, salah satunya yaitu luntur bahkan hilangnya rasa cinta tanah air atau rasa cinta terhadap negaranya sendiri yang disebabkan oleh perubahan zaman yang mana budaya asing memasuki negara indonesia. Permasalahan tersebut sangat tidak sesuai dengan nilai yang terkandung didalam Pancasila dan harus segera dipecahkan dan dapat membangun kembali karakter bangsa indonesia yang seuuai dengan nilai-nilai pancasila. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengetahui sejauh mana masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64.

Becker, Gary S. (1994). Human Capital: A Theoritical Approach and Empirical Analysis with Special Reference to Education; New York: Columbia University Press,

Bogdan, R., & Biklen, S. (1992). Qualitative Research for Educations. Boston, MA: Allyn and Bacon

Cresswell, J. (1998). Research Desig: Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks,, CA: Sage Publications.

Damanhuri, D., dkk (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Dwi, S., Triwahyuningsih, T., & Dikdik Baehaqi Arif, D. B. A. (2012). Pancasila.

Erlina, T. (2019). Membangun Karakter Ke-Indonesiaan Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Global. Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 153-162.

Kaderi, M. A. (2015). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi.

Mulyono, (2010). Dinamika Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Artikel. Universitas Diponegoro. 2010.

Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).

Rauf, M dkk. (2008). Refleksi Karkater Bangsa.Jakarta : UI.

Robertson, R. (1992). Globalization – Social Theory and Global Culture. Sage. London..

Rukiyati, Purwastuti, L.A., Dwikurniani,D., et a;. (2013). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press.

Saeful, R. P. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 5(9), 1-8.

Sulasmana. (2015). Dasar Negara pancasila. Yogyakarta: PT Kansius.

Sumarto, S. (2018). Pancasila Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Proses Pendidikan Keislaman. Nizham Journal of Islamic Studies, 6(1), 59-66.

Wabaa, M., Laloma, A., & Londa, V. (2018). Pengaruh Globalisasi Informasi terhadap Kehidupan Sosial Budaya Generasi Muda (suatu Studi di SMA Negeri 1 Beo Kabupaten Kepulauan Talaud). Jurnal Administrasi Publik, 4(5).

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Salamah, I. S., & Dewi, D. A. (2021). PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA WARGA NEGARA INDONESIA MELALUI IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 137–144. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.2579

Issue

Section

Artikel Penelitian