PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP MORALITAS BANGSA

Authors

  • Arya Chandra Wiguna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.2580

Keywords:

Globalisasi, moral, Pendidikan karakter

Abstract

Perubahan zaman membawa pengaruh bagi seluruh negara. Perubahan ini terjadi karena globalisasi. Pengaruh tersebut membawa dampak positif dan negatif. Namun bangsa indonesia cenderung menyikapi dampak negatif dengan baik. dampak negatif dari globalisasi menyebabkan turunya moral bangsa. Khusunya pemuda zaman sekarang sangat menyimpang yang dahulunya bangsa indonesia memiliki perilaku yang sopan santun, memiliki tutur Bahasa yang baik sekarang perlahan menghilang. Oleh karena itu untuk mengembalikan nilai-nilai moral diperlukan Pendidikan kewarganegaraan sebagai bagian dari pendidikan karakter. Melalui Pendidikan kewarganegaraan bisa membangun, membentuk dan membina karakter khusunya pada generasi muda sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian ini yaitu didaerah sukagalih kecamatan sukajadi kelurahan cipedes kota bandung . Sasaran dalam penalitian ini pemuda dan pemudi yang ada di daerah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Doni Koesoema. (2010). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.Jakarta: Grasindo.

Anton, Barker. 2004. Alternatif Pengembangan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jakarta: Kanisius.

Azizan, N., & Lubis, M. A. (2018). Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pancasila di Era Revolusi Insdustri 4.0.

Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research- Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of MissouriSt Louis.

Fauziah, Tatik. 2016. Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme. Aceh: Jurnal pendidikan serambi ilmu.

Hasan. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Litbang Puskur.

Koesoema.A. 2010. Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Gramedia. Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), hal. 70.

Noor, Rohinah M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Karakter : Solusi Pendidikan Moral Yang Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurul Zuriah, 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara, 20.

Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa, (Bogor: Indonesia Heritage Foundation, 2004), hal. 63.

Robertson, R. 1992. Globalization – Social Theory and Global Culture. Sage. London..

Tilaar, H.A.R.(2006). Standar Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Waters, Malcolm. 1995. Globalization. Routledge. London.

Winarno. 2018. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Wiguna, A. C., & Dewi, D. A. (2022). PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP MORALITAS BANGSA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 24–29. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.2580

Issue

Section

Artikel Penelitian