KONSTRUKSI PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN TALKING STICK METHODE DI SMP NEGERI 01 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Fety Novianty, Sulha Sulha, Imawati Imawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H dalam mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick di SMP Negeri 01 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan bentuk kolaboratif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumenter. Sedangkan alat pengumpul data menggunakan pedoman observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif untuk menjawab sub masalah 1 dan 2, sedangkan data kuantitatif untuk menjawab sub masalah 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 20 siswa (60,61%) dan siklus II 29 siswa (87,88%). Peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 69,09 dan siklus II 82,57.


Keywords


Talking Stick, Hasil Belajar, PPKn

References


Darmadi, H. (2014) Pendidikan Pancasila, Konsep Dasar Dan Implementasi. Bandung: Alfabheta.

Hidayatullah, F, (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Kleco, Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.

Kansil. (2005). Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1946. Jakarta: Pradnya Paramita.

Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan, & Zubaidi, Ahmad. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v2i1.748

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 17 times

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan




Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats