KONSTRUKSI PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN TALKING STICK METHODE DI SMP NEGERI 01 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

Authors

  • Fety Novianty IKIP-PGRI Pontianak
  • Sulha Sulha IKIP-PGRI Pontianak
  • Imawati Imawati Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.748

Keywords:

Talking Stick, Hasil Belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H dalam mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick di SMP Negeri 01 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan bentuk kolaboratif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumenter. Sedangkan alat pengumpul data menggunakan pedoman observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif untuk menjawab sub masalah 1 dan 2, sedangkan data kuantitatif untuk menjawab sub masalah 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 20 siswa (60,61%) dan siklus II 29 siswa (87,88%). Peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 69,09 dan siklus II 82,57.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fety Novianty, IKIP-PGRI Pontianak

Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Sulha Sulha, IKIP-PGRI Pontianak

Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Imawati Imawati, Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

References

Darmadi, H. (2014) Pendidikan Pancasila, Konsep Dasar Dan Implementasi. Bandung: Alfabheta.

Hidayatullah, F, (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Kleco, Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.

Kansil. (2005). Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1946. Jakarta: Pradnya Paramita.

Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan, & Zubaidi, Ahmad. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2018-06-02

How to Cite

Novianty, F., Sulha, S., & Imawati, I. (2018). KONSTRUKSI PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN TALKING STICK METHODE DI SMP NEGERI 01 NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.748

Issue

Section

Artikel Penelitian