PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI SMA KOPERASI PONTIANAK

Farida Farida, Rohani Rohani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap karakter tanggung jawab di SMA Koperasi Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk penelitian studi survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpulan data yaitu panduan wawancara, angket, dan foto. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap karakter tanggung jawab pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Koperasi Pontianak. Hasil uji hipotesis diperoleh  = 25.51. Hasil perhitungan kemudian dikonsultasikan dengan  (dk 1/130) untuk taraf signifikansi 5% diperoleh 3.91. Dengan demikian  >   , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima, pada perhitungan uji korelasi diperoleh  0.40336 dengan kategori sedang.


Keywords


Partisipasi, Siswa, Karakter, Tanggung Jawab

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.(2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakter. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Z. (2012). Pendidikan Karakter Di Sekolah (Membangun Karakter Dan Kepribadian Anak). Bandung: Yrama Widya.

Budimansyah, D dan Winataputra. (2007). Civic Education ‘Konteks, Landasan, Bahan Ajar, dan Kultur Kelas’. Bandung: Widya Aksara Press.

Lestari, Ria Yuni. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Jurnal, 1.

Lickona, Thomas. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustari, Mohamad. (2011). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Nigrum, Fitri UNtari, dkk. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Civic Dispositions Siswa SMK Negeri 1 Semendawai Timur. 5.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tahun 2008 tentang pembinaan Kesiswaan

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Rodliyah. (2013). Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaan di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohani. (2013). Pembinaan Tanggung Jawab Warga Negara dalam Memecahkan Masalah-masalah Sosial Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kemasyarakatan (Community Civics). Edukasi: Jurnal Pendidikan, 11.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapriya dan Wahab. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

----------. (2018). Metode Penelitian Kuantiatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rohani Rohani, Farida Farida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats