PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING

Sulha Sulha, Sitti Uswatun Hasanah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Paired Story Telling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dan bentuk penelitian penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru untuk menerapkan Model Pembelajaran Paired Story Telling yaitu menetapkan kompetensi dasar yang akan dicapai, menyiapkan masalah sebagai topik diskusi sesuai kompetensi dasar yang di pelajari, menyiapkan sumber belajar yang akan digunakan peserta didik, menyiapkan materi, membuat RPP, menyesuaikan silabus, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan kisi-kisi soal. Pelaksanaan model pembelajaran Paired Story Telling yaitu guru membagi bahan/topik pelajaran menjadi dua bagian yaitu guru memberikan pengenalan mengenai topik yang akan dibahas, dan guru membagikan bagian cerita yang belum terbaca kepada masing-masing siswa, dan kegiatan ini bisa di akhiri dengan diskusi mengenai topik yang baru saja dibahas. Terdapat peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari Pra Tindakan dengan nilai rata-rata 66,20 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 34%, dilanjutkan dengan Siklus I dengan nilai rata-rata 67,97% dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 36%, dan siklus II dengan nilai rata-rata 77, 89 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86% yang terus mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa.


Keywords


Paired Story Telling, hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. Suhardjono. Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Arifin Zaenal (2009). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asmara Husna, (2003). Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Fahruna Bahagia

Cholisin (2013).IlmuKewarganegaraan (Civics).Yogjakarta; Ombak

Dahar W. Ratna (1989). Teori-teori Belajar, Jakarta : Depdikbud

Dahlia, (2012).Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Edukasi Mitra Grafika.

Darmadi Hamid, (2013). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.Bandung: Alfabeta.

Darmadi Hamid, (2014) PengantarPendidikanKewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Dimyanti dan Mujiono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta

Fathurrohman Muhammad (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013, Jogjakarta : Kalimedia

Hariyanto dan Suyono. (2014). Belajar dan Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Haryono, (2007). Pendidikan Kewarganegaraan, Surakarta : LPP dan UPT

Hasibuan dan Mujiono.(2008). Proses Belajar Mengajar.Bandung.RemajaRosda Karya.

Huda Miftahul (2015). Cooperatif Learning, Yogyakarta : Pustaka Belajar

KementerianPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia (2014).PendidikanPancasiladanKewarganegaraan.

K. Tri Rama (Terbaru) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (KLBI), Penerbit Mitra Pelajar Surabaya

Kunandar (2013) Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Depok : RajaGrafindo Persada

Kusumah Wijaya. Dwitagama Dedi (2010). Mengenal Peneitian Tindakan Kelas, Jakarta : Indeks

IKIP-PGRI Pontianak (2016).PedomanOprasionalAkademik 2017-2018. Pontianak

M. Trianto. (2012). Model PembelajaranTerpadu, Jakarta :BumiAksara

Mustofa Bisri (2015). Psikologi Pendidikan, Jogjakarta : Parama Ilmu

Sudaryono (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Graha Ilmu

Sudjana Nana (2008). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah,Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Tindakan, Bandung : Alfabeta

Supratiknya, A. (2008). Tata Tulis Artikel Ilmiah, Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

Paizaluddin. Ermalinda (2016). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Alfabeta

Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Pustaka Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Sagala Syaiful (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Soyomukti Nurani (2015). Teori-teori Pendidikan, Jogjakarta : AR-RUZZ Media

Suprihatiningrum Jamil (2016). Strategi Pembelajaran, Jogjakarta : AR-RUZZ Media

Sutarto.Hasil belajar. Jakarta: Berdasarkan Kurikulum.

Suwarno Wiji (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta : AR-RUZZ Media

Tim pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung

Tirtarahardja Umar dan Sulo La. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Wijayani Ardi Novan (2013). Manajemen Kelas. Jogjakarta : AR-RUZZ

Zuldafrial. H.D. (2012) Evaluasi Pendidkan dan Penelitian Tindakan Kelas,: Pontianak Press: Stain




DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.2810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sulha Sulha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats