ANALISIS NILAI GOTONG ROYONG DALAM UPACARA ADAT NYABAKNG MASYARAKAT DUSUN SEGONDE KECAMATAN TUJUH BELAS KABUPATEN BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.2931Keywords:
Gotong Royong, Adat NyabakngAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang nilai gotong royong dalam upacara adat nyabakng yang terdapat pada masyarakat Dusun Segonde Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang. Tujuan khusus dalam penelitian ini: 1) Pelaksanaan Upacara Adat Nyabakng Masyarakat Dusun Segonde, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. 2) Wujud Nilai Gotong Royong yang terdapat dalam Upacara Adat Nyabakng masyarakat Dusun Segonde, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi Nilai Gotong Royong melalui Upacara Adat Nyabakng masyarakat Dusun Segonde, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode Deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan nilai Gotong Royong dalam Upacara Adat Nyabakng masyarakat Dusun Segonde Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai gotong royong dalam upacara adat nyabakng adalah saat persiapan sebelum memulai upacara adat nyabakng dan pada saat proses pelaksanaan upacara adat nyabakng. Nilai gotong royong ini menjadi tempat dalam masyarakat dapat mempererat tali persaudaraan.
Downloads
References
Bintari P N, dkk (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 25. No 1
Effendi TN. (2013). Budaya Gotong Royong Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi. Vol 2. No.2
Firmansayah S. (2017). Upaya Melestarikan Nilai-Nilai Budaya Pada Masyarakat Dayak Desa Seneban. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Vol 1. No 2
Fusnika. dkk. (2019). Kontribusi Budaya Lokal Gawai Dalam Menumbuhkan Nilai Solidaritas Generasi Z Pada Suku Dayak Mualang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 4. No. 2
Hatta S. dkk. (2016). Kontribusi Gawai Dayak dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Solidaritas Generasi Muda Desa Sekendal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajan Untan. Vol. 1
Irfan M. (2016). Crowdfunding Sebagai Pemaknaan Energi Gotong Royong Terbarukan. Share Social Work Journal. Vol. 6.1
Lubis M A. (2017). Budaya Dan Solidaritas Sosial Dalam Kerukunan Umat Beragama Di Tanah Karo. Jurnal Sosiologi Agama. Vol 11. No 2
Muhammad Abdulkadir. (2014). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Bandung. PT Citra Aditya Bakti.
Permana B I, dkk. (2020). Peranan Tentang Nilai Gotong Royong Sebaga Bentuk Penerapan Sila Ke-Tiga Pancasila Di Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Kab. Situbondo. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. Vol 8. No 1
Rochmadi N. (2012). Menjadikan Nilai Budaya Gotong-Royong Sebagai Common Identity dalam Kehidupan Bertetangga Negara-Negara ASEAN. Jurnal Pendidikan Kewaganegaraan. Vol. 20.11
Rolitia, dkk. (2016). Nilai Gotong Royong Untuk Memperkuat Solidaritas Dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Naga. Jurnal Pendidikan sosiologi.6.1
Saraswati AJ, dkk. (2020). Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan. Vol. 1 . No. 1
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suparno, dkk (2017). Pelestarian Tradisi Dan Seni Daerah Berwawasan Nasional Menuju Masyarakat Perbatasan Ketungau Tengahmalaysia Yang Kompetitif Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal PEKAN Vol. 2 .No 2
Suparno, dkk. (2018), Mempertahankan Eksistensi Budaya Lokal Nusantara Ditengah Arus Globalisasi Melalui Pelestarian Tradisi Gawai Dayak Sintang. . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 3. No. 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hema Fitria, Hadi Rianto, Rosi Debora Marantika, Muhammad Anwar Rube'i
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.