PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TENTANG DAMPAK PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR

Authors

  • Syafrial Nur IKIP PGRI Pontianak
  • Hadi Rianto IKIP PGRI Pontianak
  • Subiorto J L Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.752

Keywords:

Pernikahan dibawah umur, Keluarga rukun

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang dampak perkawinan dibawah umur,selain itu untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perkawinan dibawah umur, dan dampaknya terhadap keutuhan keluarga yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Balai Berkuak Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari siswa kelas XII IPS A dan siswa kelas XII IPS B, serta beberapa guru dan tokoh masyarakat yang berada di Desa Balai Pinang Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang. Hasil penelitian mengungkap bahwa pemahaman Siswa tentang dampak perkawinan dibawah umur sudah baik karena siswa telah mengenal, mengetahui, dan memahami bahwa perkawinan dibawah umur tidak boleh dilakukan karena dari segi biologis dan kedewasaan masih belum siap untuk menghadapi permasalahan dalam keluarga, selain itu perkawinan boleh dilakukan jika telah memiliki kesiapan mental, usia yang cukup dan mampu mencari nafkah sebagai tanggung jawab dalam membina sebuah keluarga, dan Faktor yang menyebabkan terjadinya perkawinan dibawah umur disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan pemahaman remaja terhadap arti dan tujuan dari perkawinan, kondisi ekonomi yang lemah, adanya dorongan keluarga atau orang tua, dan hasrat pribadi atau keinginan diri sendiri oleh individu remaja untuk melakukan perkawinan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syafrial Nur, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Hadi Rianto, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Subiorto J L, Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

References

Kusuma H. (1990). Hukum Perkawinan Indonesia. Bandung : Mandar Maju

Mahfudin, A., & Waqi'ah, K. (2016). Pernikahan Dini dan Pengaruhnya terhadap Keluarga di Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Jurnal Hukum Keluarga Islam, 1(1), 33-49.

Mawardi, M. (2012). Problematika Perkawinan di Bawah Umur. Jurnal Analisa, 19 (02).

Purnawati, L. (2015). Dampak perkawinan usia muda terhadap pola asuh keluarga (Studi di Desa Talang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung). Jurnal PUBLICIANA, 8(1), 126-143.

Rohmat, (2009). “Pernikahan Dini dan Dampaknya Terhadap Keutuhan Rumahtanggaâ€. Jurnal Skripsi: Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Sarwono. (2001). Psikologi Remaja. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka

Undang-Undang No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Downloads

Published

2018-06-02

How to Cite

Nur, S., Rianto, H., & L, S. J. (2018). PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TENTANG DAMPAK PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.752

Issue

Section

Artikel Penelitian