INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN ESTRAKULIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 10 PONTIANAK

Authors

  • Riska Oktopera IKIP PGRI PONTIANAK
  • Muhammad Anwar Rube’i IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3034

Keywords:

karakter disiplin, ekstrakulikuler pramuka

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai karakter disiplin siswa yang diinternalisasikan melalui ekstrakulikuler pramuka di SMA Negri 10 Pontianak, mendeskripsikan program kegiatan pramuka dalam menginternalisasi kan nilai-nilai karakter disiplin siswa melalui ekstrakulikuler pramuka di SMA Negri 10 Pontianak, mendeskripsikan Faktor – faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai karakter disiplin siswa melalui ekstrakulikuler pramuka di SMA Negri 10 Pontianak. SMA Negei 10 Pontianak yang merupakan satu di antara Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, dengan jumlah guru sebanyak 40 orang, siswa laki-laki 330 orang, dan siswa prempuan 296 orang. Sekolah SMA Negri 10 Potianak juga  menerapkan kurikulum k 13 bahasa dan budaya. SMA Negeri 10 Pontianak memilki 13 Ekstrakulikuler dan salah satunya ekstrakulikuler pramuka. Hasil pengamatan awal peneliti di SMA Negri 10 Pontianak terlihat antusias siswa mngikuti esktrakulikuler yang ada di sekolah terutama ekstalukuler pramuka yang wajib diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI, serta tidak luput pula ada beberapa siswa yang datang terlambat mengikuti ekstrakulikuler

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter. Jogyakarta: DIVA Press.

Sam, T. T. (2005). Analisis SWOT: Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT> Grafindo Persada.

Nasional, K. P. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Puskurbuk.

Sugiono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Oktopera, R., & Rube’i, M. A. (2021). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN ESTRAKULIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 10 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 224–233. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3034

Issue

Section

Artikel Penelitian