ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMP HARAPAN ANANDA KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Hemafitria Hemafitria IKIP PGRI PONTIANAK
  • Fety Novianty IKIP PGRI PONTIANAK
  • Ega Murdiana IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3041

Keywords:

Pembelajaran PKn, Aplikasi Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran PKn menggunakan aplikasi online pada saat pandemi covid-19 di SMP harapan ananda kecamatan sungai raya kabupaten kubu raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah,  wakakurikulum,  guru PPKn, dan siswa SMP harapan ananda kecamatan sungai raya kabupaten kubu raya. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini guru PPKn sudah melaksanakanpembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi online, dilihat dari guru PPKn menyampaikan materi pembelajaran dengan media online. Bentuk aplikasi yang di gunakan saat penyampaian materi pembelajaran PKn yaitu whatsapp, youtube, google form. Efektivitas pembelajaran PKn belum sepenuhnya efektif karena pembelajaran online memiliki banyak kendala seperti kurangnya kreatif guru dalam menyampaikan pembelajaran sehingga membuat siswa cepat bosan, dan keterbatasan kouta internet, meskipun penerapan pembelajaran secara online atau daring sudah di terapkan sebagaimana mestinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid (2011), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Bilingual Boarding School Gunung pati Semarang (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Hasil Belajar). Skripsi, Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal.

Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dalam format PDF ini ditandatangai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 24 Maret 2020.

Dimyati dan Mudjiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Fatimah, D. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonsesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820.

Mulyasa, (2013) pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum rosdakarya bandung.

Rahmawati, I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Evaluasi Belajar Siswa Pada Siswa Kelas Iv Mi Ma’arif Kutowinangun Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.jurnal PGMI.PDF.

Sadih, Halimatus. H. 2020. Efektivitas pembelajaran PPKn berbasis daring terhadap partisipasi belajar peserta didik di SMAN 11 Garut.

Salma, dkk. (2013). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid 19.

Shofah, Hamidatus (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Miftahul Huda: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidasiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Sugiyono. (2018). MetodePenelitianKualitatif, Bandung: Alfabeta.

Tsalasa, Ahmad Nashir, Pembelajaran Bertaraf Internasional Sma Semesta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia.

Yuni Fitriani dan Roida Pakpahan (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Jurnal Of Information System Applied, Vol.4, No.2

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Hemafitria, H., Novianty, F., & Murdiana, E. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMP HARAPAN ANANDA KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 246–257. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3041

Issue

Section

Artikel Penelitian