IMPLEMENTASI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGGUNAKAN GOOLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN RESPON TERHADAP PESERTA SISWA APADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMKS SORE TULUNGAGUNG)
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3089Keywords:
Media Pembelajaran, Google Classroom, Respon peserta didikAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya berpengaruh media Google classroom terhadap respon peserta didik di SMKS SORE Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik di SMKS SORE Tulungagung yang berjumlah 2.427 yang di ambil sampelnya dengan rumus slovin yakni 96 siswa dengan metode penyebaran angket accidental sampling dan diolah dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian yang diolah dengan SPSS 25. di peroleh hasil t hitung X (google classroom) 10,516> t tabel. Sehingga pada penelitian ini hipotesis alternatif H1 diterima dan H0 ditolak. Ini berarti dengan demikian respon peserta didik (Y) didalam belajar berpengaruh positif dan signifikan oleh media Google classroom (X). Variabel dalam penelitian ini mempunyai pengaruh positif yang bermakna secara simultan kepada respon peserta didik di SMKS SORE Tulungagung sehingga apabila variabel terikat mengalami kenaikan maka variabel independen (bebas) juga mengalami kenaikan.Â
Downloads
References
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 223
Batlolona,R.J. (2016). Hasil Belajar Kognitif dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Konsep LIstrik Dinamis dengan Menerapkan Media Interaktif. J. Pros. Semnas Pend.IPA Pascasarjana UM. 1(5): 308-314.
Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Utilization of Google Classroom-Based Learning Management System in Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78-86.
Nainggolan, Sintong. (2015). Upaya Meningkatkan Reativitas Berfikir Matematis Melalui Model Pembelajaran Penvapaian Konsep Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Barat, Medan: JSP 2(1) : (65-76).
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.
Ramli,M. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist. Ittihad Journal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. 13(23): 130-154.
Resmini, N & Dadang, J. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI PRESS.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, h. 147
Sumadi Suryabata, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Raja Gafindo Persada, 2008).h. 29
Thobroni,M. (2015). Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wicaksono, Dwi Vicky. (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yeni Syarifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.