IMPLEMENTASI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGGUNAKAN GOOLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN RESPON TERHADAP PESERTA SISWA APADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMKS SORE TULUNGAGUNG)

Authors

  • Yeni Syarifah Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3089

Keywords:

Media Pembelajaran, Google Classroom, Respon peserta didik

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya berpengaruh media Google classroom terhadap respon peserta didik di SMKS SORE Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik di SMKS SORE Tulungagung yang berjumlah 2.427 yang di ambil sampelnya dengan rumus slovin yakni 96 siswa dengan metode penyebaran angket accidental sampling dan diolah dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian yang diolah dengan SPSS 25. di peroleh hasil t hitung X (google classroom) 10,516> t tabel. Sehingga pada penelitian ini hipotesis alternatif H1 diterima dan H0 ditolak. Ini berarti dengan demikian respon peserta didik (Y) didalam belajar berpengaruh positif dan signifikan oleh media Google classroom (X). Variabel dalam penelitian ini mempunyai pengaruh positif yang bermakna secara simultan kepada respon peserta didik di SMKS SORE Tulungagung sehingga apabila variabel terikat mengalami kenaikan maka variabel independen (bebas) juga mengalami kenaikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yeni Syarifah, Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

References

Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 223

Batlolona,R.J. (2016). Hasil Belajar Kognitif dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Konsep LIstrik Dinamis dengan Menerapkan Media Interaktif. J. Pros. Semnas Pend.IPA Pascasarjana UM. 1(5): 308-314.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Utilization of Google Classroom-Based Learning Management System in Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78-86.

Nainggolan, Sintong. (2015). Upaya Meningkatkan Reativitas Berfikir Matematis Melalui Model Pembelajaran Penvapaian Konsep Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Barat, Medan: JSP 2(1) : (65-76).

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Ramli,M. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadist. Ittihad Journal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. 13(23): 130-154.

Resmini, N & Dadang, J. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI PRESS.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, h. 147

Sumadi Suryabata, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Raja Gafindo Persada, 2008).h. 29

Thobroni,M. (2015). Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wicaksono, Dwi Vicky. (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Syarifah, Y. (2021). IMPLEMENTASI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGGUNAKAN GOOLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN RESPON TERHADAP PESERTA SISWA APADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMKS SORE TULUNGAGUNG). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 203–212. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3089

Issue

Section

Artikel Penelitian