HUBUNGAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP 03 SUNGAI RAYA

Authors

  • Hadi Rianto IKIP PGRI Pontianak
  • Refi Pratewi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3112

Keywords:

Penggunaan internet, Sumber, Hasil belajar.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn Siswa Kelas VIII SMP 03 Sungai Raya Pada Mata Pelajaran Pendidiikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP 03 Sungai Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian Korelasional. Jenis Pendekatan Kuantitatif. Teknik komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan pedoman wawancara dengan menggunakan product moment. Deskripsi hasil wawancara dan analisis data angket dapat disimpulkan bahwa Penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII SMP 03 Sungai Raya termasuk kategori Sedang Rata-rata adalah 60,00. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa sebagian besar responden telah menggunakan internet sebagai untuk mencari sumber belajar dan mudah akses dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan pengisian angket yang dilakukan oleh responden. Hasil Belajar siswa dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP 03 Sungai Raya bahwa menunjukan Rata-rata adalah 80,00 atau dalam kategori sedang. hasil belajar pada umumya meningkatkan sumber wawasan bertambah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hadi Rianto, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Prodi PPKn FIPPS IKIP PGRI Pontianak

Refi Pratewi, IKIP PGRI Pontianak

Prodi PPKN FIPPS IKIP PGRI Pontianak

References

Aji Supriyanto.(2005). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek

Aji Supriyanto. (2007), Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta: Penerbit Salemba Infotek.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang Warsita (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Bride, Mac. (2001). Internet. (diterjemahkan oleh: Sugeng Panut). Jakarta: Kesaint Blanc.

Darmadi, Hamid.(2013). “Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanâ€.

Deni Darmawan. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Emzir.(2008).Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.jakarta: PT.Rajagrafindo

Darmadi, Hamid.(2013). “Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanâ€.

Deni Darmawan. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Emzir.(2008).Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.jakarta: PT.Rajagrafindo

Hadari Nawawi (2011), Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hamzah dan Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Jeni Hamzah.(2013). Hubungan Penggunaan Gadget Dan Motivasi BelajarDengan Hasil Belajar Ipa Siswa Di Sd Negeri Pai Kota Makassarâ€.

Lamatenggo, Nina & Hamzah B. (2011). Terknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Rianto, H., & Pratewi, R. (2021). HUBUNGAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP 03 SUNGAI RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 213–223. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3112

Issue

Section

Artikel Penelitian