PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN NILAI SOPAN SANTUN

Authors

  • Rohani Rohani IKIP PGRI Pontianak
  • Yayuk Rahayu Program Studi PPKn, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak
  • Yuliananingsih M Program Studi PPKn, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.754

Keywords:

Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Nilai, Sopan Santun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mendapatkan informasi yang jelas mengenai peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai sopan santun di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Jihad Pontianak. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan nilai sopan santun siswa di kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al Jihad Pontianak sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari guru memberikan keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, dan menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya bentuk penanaman nilai sopan santun dilakukan melalui penanaman sopan santun dalam berpenampilan, dan sopan santun dalam berbicara yang penerapannya sudah di lakukan oleh semua warga sekolah (guru dan siswa) yang dalam menerapkannya penuh dengan kesadaran. Faktor yang dapat mempengaruhi nilai sopan santun siswa, hal ini dapat dilihat dari dua faktor yaitu eksternal dan internal. Dari faktor eksternal bisa dipengaruhi oleh sekolah, keluarga, masyarakat atau pergaulan, sedangkan dari faktor internal dapat dipengaruhi oleh diri sendiri

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rohani Rohani, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKn, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Yayuk Rahayu, Program Studi PPKn, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Program Studi PPKn, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Yuliananingsih M, Program Studi PPKn, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

Program Studi PPKn, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP-PGRI Pontianak

References

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Ainah, dkk. (2016). Strategi Guru PKn Menanamkan Karakter Sopan Santun Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11, Mei 2016.

Bestari, Prayoga dan Syaifullah. (2010). PPKn dalam Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Lab. PKn UPI

Budimansyah. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press

Darmadi, Hamid. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta

Hidatatullah,F.(2010) Pendidikan karakter membangun peradaban bangsa. Surakarta Yuma ustaka

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Mohammad Ali. 2009. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaqim, (2001), Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerja sama dengan Pustaka Pelajar

Puspa Djuwita (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10 (1) 2017.

Rusmini. 2012. Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Siswa di SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin http://download.portalgaruda.org/article.php?article=96057&val (akses 25 Mei 2018).

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono (2009) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, I (2012). Mengejar Profesionalisme guru. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuriah, N., (2007). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-06-02

How to Cite

Rohani, R., Rahayu, Y., & M, Y. (2018). PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN NILAI SOPAN SANTUN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.754

Issue

Section

Artikel Penelitian