PENGGUNAAN MODEL INKUIRI JURISPRUDENSIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SUNGAI RAYA

Authors

  • Moad Moad IKIP PGRI Pontianak
  • Elmiana Ninita IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3197

Keywords:

jurispeidential inquiry model, learning outcomes

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tentang penggunaan model inkuiri jurisprudensial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan deskriptif. Teknik kominikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan pedoman wawancara. Deskripsi hasil wawancara dan analisis data angket dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri jurisprudensial dalam meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas xi sma kemala bhayangkari 1 sungai raya “baikâ€. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut : sudah terencana dengan baik. hal tersebut dibuktikan dengan guru dan peneliti saat berkolaborasi melakukan perencanaan yaitu meliputi: (a) menentukan masalah yang terjadi dalam kegiatan-kegiatan belajar mengajar, (b) mempersiapkan dan menyusun perangkat dan pembelajaran yang meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp), media, dan speaker, (c) merancang rencana pembelajaran sesuai dengan materi yang mengarah pada model pembelajaran inkuiri yuridisprudensial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Moad Moad, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN FIPPS IKIP PGRI Pontianak

Elmiana Ninita, IKIP PGRI PONTIANAK

PPKn

References

Abduhzen, Mohammad. (2013). Pendidikan Kita Belum Mengajar Berpikir. Suara Merdeka,13 Januari 2013.

Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anas Sudijono. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rosda Karya.

Arikunto, (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Fitri, W, D. Taher M dan Ahmad Z. “Penerapan model pembelajaran inquiri berbasis pendekatan keterampilan belajar proses untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Kota Ternateâ€.

S Rizka, Rahmawati, dan Herawati, Susilo. “Pengaruh Pembelajaran Inquiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malangâ€.

Tipuk Lestari, Emi. 2011. “Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Primer Dalam Pembelajaran IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsiâ€. Tidak Diterbittkan. Universitas Negri Semarang.

Widhar. D.U, Dasna W. I, Sulistina. O, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Larutan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pontianakâ€.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Moad, M., & Ninita, E. (2021). PENGGUNAAN MODEL INKUIRI JURISPRUDENSIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SUNGAI RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 241–253. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3197

Issue

Section

Artikel Penelitian