PENGGUNAAN MODEL INKUIRI JURISPRUDENSIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SUNGAI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v5i2.3197Keywords:
jurispeidential inquiry model, learning outcomesAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui tentang penggunaan model inkuiri jurisprudensial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan deskriptif. Teknik kominikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan pedoman wawancara. Deskripsi hasil wawancara dan analisis data angket dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri jurisprudensial dalam meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas xi sma kemala bhayangkari 1 sungai raya “baikâ€. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut : sudah terencana dengan baik. hal tersebut dibuktikan dengan guru dan peneliti saat berkolaborasi melakukan perencanaan yaitu meliputi: (a) menentukan masalah yang terjadi dalam kegiatan-kegiatan belajar mengajar, (b) mempersiapkan dan menyusun perangkat dan pembelajaran yang meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp), media, dan speaker, (c) merancang rencana pembelajaran sesuai dengan materi yang mengarah pada model pembelajaran inkuiri yuridisprudensial.
Downloads
References
Abduhzen, Mohammad. (2013). Pendidikan Kita Belum Mengajar Berpikir. Suara Merdeka,13 Januari 2013.
Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rosda Karya.
Arikunto, (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Fitri, W, D. Taher M dan Ahmad Z. “Penerapan model pembelajaran inquiri berbasis pendekatan keterampilan belajar proses untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan di SMP Negeri 1 Kota Ternateâ€.
S Rizka, Rahmawati, dan Herawati, Susilo. “Pengaruh Pembelajaran Inquiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malangâ€.
Tipuk Lestari, Emi. 2011. “Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Primer Dalam Pembelajaran IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsiâ€. Tidak Diterbittkan. Universitas Negri Semarang.
Widhar. D.U, Dasna W. I, Sulistina. O, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Larutan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pontianakâ€.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moad Moad, Elmiana Ninita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.