PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PETIR (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUB BAB PERAN DAERAH DALAM KERANGKA NKRI)

Authors

  • Laela Chayarani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wika Hardika Legiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3227

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Berbasis Video, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video dan mengetahui pengembangan, kelayakan serta kefektifan media pembelajaran berbasis video mata pelajaran PPKn kelas VII Sub Bab Peran Daerah Dalam Kerangka NKRI di SMP Negeri 1 Petir. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Petir pada tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah metode reseach and development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiono, mengambil teori menurut Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi enam tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Petir tahun ajaran 2020/202. Kelayakan produk media pembelajaran berbasis video ini didasarkan pada hasil penilaian validasi oleh tiga ahli, dapat disimpulkan kualitas media pembelajaran berbasis video yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak 88,33% dari ahli media, 84,21% dari ahli materi, 86,6% dari ahli bahasa, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis video pada uji coba 32 responden sebesar 88,81% dengan kategori sangat layak. Dengan ini dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis video untuk peserta didik kelas VII layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Laela Chayarani, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Ratna Sari Dewi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Wika Hardika Legiani, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Abdul Majid. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ainina. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Vol. 3 No.1 (ISSN 2252- 6641).

Alveira C. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SD Negeri Bhayangkari Kota Serang. Unversitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Anggar Dewana N. 2016. Pengembangan Media Video Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi Materi Pokok Zat Gizi Sumber Tenaga Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo. Uuniversitas Negeri Yogyakarta

Arif, S. dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya. Depdiknas.

Deliviana, E. (2017). Aplikasi Powtoon sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 Universitas Negeri Makassar. (hal. 6-7). Makassar: badan Penerbit UNM

Dewi, Farhana Safitri dan Ismayanti Euis. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Medan Magnet dan Induksi Elektromagnetik Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 08, No. 01. (hal. 133-137).

Hanafy, Muh.Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 17. No. 1. (hal. 66-79)

Hariyati. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Smp Negeri 12 Palu. Universitas Tadaluko

Huda Miftahul. (2014). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Diva Press

Jamaludin, Rahmatullah. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS. Bekasi:CV.Nurani

Khaerunnisa, Febriana. (2018). Pengauh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Indoneisan Journal Of Education. Vol. 6, No. 1 (hal. 31-40)

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Prakti, dan Penilaian).Bandung: Alfabeta.

Lukman dkk. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah – langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 37. (hal.1).

Mekar S, Novia. 2016. Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran PKn di SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Semarang. Universitas Negeri Semarang

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. Vol. 1. No. 2. (hal. 100)

Miftahul H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran PKn Mmateri Kebudayaan Menggunakan Macromedia Flash (Studi Kasus : Kelas IV SDN Plalangan 04 Kota Semarang).Universitas Negeri Semarang

Mohammad Ali dan Muhammad Asrori. (2012). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Mustari, Mukarramah. (2017). Pengembanagan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al – Biruni. Vol. 6. No. 1. (hal.10)

Nana, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhidayah, Annisa. (2018). Perbandingan Metode Think Par and Share dan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar (Penelitian Quasi Eksperimen Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN 223 Bhakti Winaya). Bandung: Universitas Pasundan.

Nurmalasari, Anggar Dewana. (2016). Pengemangan Media Video Pembelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi Materi Pokok Zat Gizi Sumber Tenaga di SMKN 3 Purworejo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat. Vol. 03. No.01. (hal.171) .

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Pendidikan Kewarganegaraan

Rahayu, S. 2019. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi

Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: UIN Antasari Press

Rayandra, Asyar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rossi I, dkk. 2017. Menigkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Metode Role Playing Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Trilogi, Jakarta Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. Vol. 1. No. 2 Agustus 2017: 135-144. Tersedia Pada: 102-193-1-SM.Pdf

Rudi, S., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Smaldino, Sharon E. (2008). Intructional Technology dan Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Teknologi untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sugiono. (2010/2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfaberta.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2016). Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamdinata, SN. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persadaa

Suryani, N, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susilana, Rudi.Riyana,Cepi. (2009). Media Pembelajaran:Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Syaodih, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Synthia P, Iseu. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move dengan Koneks Lingkungan (R&D Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV di SDN Kaligandu Kota Serang). Banten. Universitas Sultan Ageng Tirayasa

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 37 Ayat 1 tentang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Usfah, Farhana Nursyamsi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Beerbasis Video Scribe dengan Materi Menghargai Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Kemang Kota Serang. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Wulandari. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videosvribe dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/2016. Semarang: UNNES.

Zainal Arifin. (2012). Model Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Chayarani, L., Dewi, R. S., & Legiani, W. H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PETIR (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUB BAB PERAN DAERAH DALAM KERANGKA NKRI). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 142–154. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3227

Issue

Section

Artikel Penelitian